Beautypedia : Mica Powder Bahaya untuk Kulit?

Mica salah satu bahan dasar yang sering kita temui pada produk makeup dan skincare. Sebenarnya apa sih fungsi Mica pada produk kecantikan? Berikut penjelasannya.

Kalau kamu perhatikan, hampir di semua produk makeup dan skincare yang kamu miliki pasti ada kandungan mica di dalamnya. Lalu apa fungsi mica di sini? Yuk, kita langsung bahas saja mengenai ingredient yang paling umum ada di produk-produk kecantikan kita.

Mica adalah sebuah mineral yang biasanya disebut silicate minerals yang biasanya dihancurkan dan digunakan dalam produk makeup atau skincare. Nah, ketika mineral ini dihancurkan menjadi bubuk akan memberikan efek shimmering atau glittery. Makanya nggak heran kalau hampir disetiap produk makeup dan skincare kita pasti ada kandungan mica di dalamnya.

MICA

Mica sendiri menjadi salah satu bahan dasar yang agak kontroversial. Banyak yang bilang kalau mica itu berbahaya karena mica berasal dari bumi, maka secara alami di dalam mica ada banyak serpihan heavy metal di dalamnya. Tapi ternyata, FDA tetap menganggap mica  aman digunakan pada produk makeup atau makanan, selama takarannya sangat sedikit dan mica yang digunakan melalui proses yang benar.

Dikutip dari website FDA:

“Mica is safe for use in coloring cosmetics generally, including cosmetics applied to the area of the eye, in amounts consistent with good manufacturing practice.”- FDA.

Mica baru dibilang berbahaya bila kita, ter-expose atau menghirup mica sehari-hari. Misalnya bekerja di pabrik makeup dan nggak menggunakan masker saat mencampurkan bahan dasar produk-produk tersebut. Pekerja tambang mica yang juga nggak menggunakan masker yang proper. Efek long term dari nggak menggunakan masker saat melakukan dua hal di atas adalah terjadinya luka pada paru-paru ketika menghirup mica powder secara terus menerus.

Kalau mica dicampur pada produk makeup sebenarnya nggak memiliki pengaruh buruk pada kulit. Kalau ternyata kamu alergi dengan produk makeup yang mengandung mica, biasanya efek sampirnya adalah kulit iritasi ataku kulit gatal.  Tapi kasus seperti ini jarang banget kok terjadinya.