banner-detik

face scrubs exfoliators

FD Poll : Physical VS Chemical Exfoliator

seo-img-article

Untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, mana yang lebih kamu suka physical atau chemical exfoliator?

Selain rajin double cleansing atau menggunakan serum vitamin C, exfoliating juga bisa membantu membuat kulit terlihat lebih cerah. Fungsi utama exfoliator sendiri adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, mengangkat minyak berlebih pada wajah dan tentunya membersihkan pori-pori dari debu. Makanya tahapan ini menjadi satu tahapan yang penting, demi menjaga kondisi kulit supaya tetap prima. Idealnya, exfoliasi kulit dilakukan setiap hari atau setidaknya tiga kali selama seminggu. Seberapa sering kamu melakukan exfoliasi harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan jenis exfoliator yang kamu gunakan.

Untitled-1

Baca Juga: 3 Face Scrub Bagus dari Drugstore

Produk exfoliator sendiri dibagi menjadi dua, yaitu physical exfoliator yang mana mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan face scrub, konjac sponge, cleansing brush atau clothing wash. Dan yang kedua, chemical exfoliator yang menggunakan acid seperti AHA, BHA, PHA.

Walaupun keduanya sama-sama dipakai untuk mengangkat sel kulit mati, tapi tahapan penggunaannya sendiri beda. Kalau physical exfoliator itu digunakan pada tahap kita sedang membersihkan wajah. Sedangkan chemical exfoliator digunakan di tahap pertama setelah kita membersihkan wajah.

Saya pribadi menggunakan kedua exfoliator ini secara bergantian. Kalau saya lagi ngerasa kulit kotor banget, misalnya habis menggunakan foundation yang super tebel pasti saya memilih menggunakan physical exfoliator seperti scrub untuk membersihkan wajah. Entah kenapa, kalau menggunakan scrub rasanya kulit lebih bersih. Mungkin karena lebih terasa deep cleansing-nya. Sedangkan untuk sehari-hari, saya lebih suka menggunakan chemical exfoliator dengan kandungan BHA atau AHA, untuk membantu meredakan permasalahan jerawat. Selain itu, rasanya chemical exfoliator lebih lembut dipakai setiap hari ketimbang face scrub.

Itu kan tadi pengalaman saya dengan menggunakan physical dan chemical exfoliator, kalau kalian sendiri gimana? Pilih physical atau chemical exfoliator? Yuk, share produk exfoliator andalan kamu.

FD Poll : Physical VS Chemical Exfoliator

Slow Down

Please wait a moment to post another comment