banner-detik

eco friendly

DIY Mixing Palette Dengan Keping DVD Bekas

seo-img-article

Salah satu benda yang sering sekali dibuang ini, ternyata bisa dijadikan alternatif DIY mixing Palette yang mudah dan murah!

Sering kan lihat Profesional MUA menggunakan mixing palette untuk mencampur produk makeup? MUA profesional atau bukan, sebenarnya kegiatan menyampurkan produk makeup itu biasa terjadi, untuk mendapatkan warna atau tekstur produk yang benar-benar pas dengan selera kita.

Walau hanya untuk penggunaan pribadi, saya sering kok menyampur dua warna lipstik atau dua warna foundation untuk menghasilkan shade yang tepat. Saya juga sering menyampur foundation dengan face oil, untuk mendapatkan finish foundation yang lebih dewy dan teksturnya lebih mudah dibaurkan. Atau mencampukan bubur glitter dengan cairan Duraline, agar lebih mudah digunakan.

Baca juga: Langkah-langkah Mencampur Foundation Yang Salah Warna

DIY Mixing Palette (3)

Menyampur dua atau lebih produk makeup sebelum digunakan tersebut, tentu akan lebih mudah dengan bantuan mixing palette. Mixing palette ini biasanya terbuat dari plastik akrilik tebal yang permukaannya rata dan mudah dibersihkan. Bisa sih kalau mau memakai punggung tangan saja. Tapi tentu bakalan kotor dan berantakan. Belum lagi hasilnya nggak akan sebagus kalau dicampurkan di mixing palette, karena panas tubuh kita bisa membuat produk di atasnya berubah warna, atau banyak terserap ke kulit sebelum sempat diaplikasikan ke wajah.

Sekarang cukup banyak sih online shop-online shop lokal yang menjual berbagai bentuk mixing palette. Ada yang bentuknya simpel saja dan terlihat profesional, namun banyak juga yang lucu-lucu. Biasanya, mixing palette tersebut dilengkapi juga dengan spatula, untuk mengaduk campuran makeup kita nanti.

Namun untuk yang masih pemula menggunakan makeup, terkadang rasanya sayang ya, mengeluarkan uang lebih untuk membeli mixing palette ini. Nah, kalau masih ragu membeli mixing palette, kita bisa kok memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah saja, untuk pengganti mixing palette. Favorit saya adalah keping DVD atau CD bekas yang sudah tidak dipakai lagi.

DIY Mixing Palette (6)

Saat pertama kali menggunakan keping CD bekas sebagai DIY mixing palette, pastikan dulu keping CD ini bersih. Cuci dengan air dan lap dengan kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol terlebih dahulu. Setelah kering, baru deh bisa digunakan!

Keping CD bekas ini bentuknya datar, kaku, dan permukaannya bisa kita gunakan untuk menyampukan makeup seperti mixing palette. Lubang pada bagian tengah keping CD juga memudahkan kita untuk memegang DIY mixing palette ini. Selain itu, keping CD juga mudah sekali dibersihkan. Tinggal dilap dengan tissue basah atau dicuci saja untuk menghilangkan foundation, lipstik, eyeshadow, atau makeup-makeup yang tertinggal pada permukaannya. Jadi sama seperti mixing palette, DIY kita ini juga bisa digunakan berkali-kali.

Baca juga: DIY Cleansing Palette dengan Sendok Nasi

DIY Mixing Palette (7)

DIY Mixing Palette (1)

Untuk pengganti spatulanya, kita bisa menggunakan cottonbud yang salah satu ujungnya sudah digunting, agar produk tidak terserap ke kapas di ujung cottonbud. Hanya saja untuk DIY spatula ini, hanya untuk sekali pakai, tidak seperti DIY mixing palette yang bisa digunakan berkali-kali.

Mudah, murah dan lebih ramah lingkungan karena mengurangi sampah!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment