Menggunakan Body Oil Untuk Pengganti Body Lotion

Oil bisa dijadikan pelembap tubuh seperti body lotion atau body butter lho! Body oil efektif melembapkan tubuh dan lebih mudah dibaurkan ke seluruh tubuh.

Pernah nggak sih ngerasa males mengaplikasikan body lotion atau body butter, padahal kulit kita kering? Saya sering sekali terserang penyakit malas oles-oles tersebut. Karena kalau pakai beauty lotion yang teksturnya ringan, biasanya percuma sih, beberapa menit kemudian kulit saya pasti sudah mengering lagi. Tapi kalau mau pakai body butter yang teksturnya thick, juga malas sekali nge-blend-nya.

Soap-Glory-4 - Copy

Biasanya juga hanya area tangan dan kaki yang nggak tertutup pakaian saja yang saya aplikasikan body butter. Bagian dalam? Aduh, udah nggak kepikiran deh! Oles body lotion ke area tangan dan kaki saja terkadang saya malas.

Padahal seperti yang kita semua tahu, bukan cuma area tangan dan kaki yang butuh dirawat. Area seperti paha, bahu, perut, pantat, dan bahkan payudara, juga membutuhkan perawatan, agar kulit tetap lembap, kencang, sehat terawat, dan nggak muncul guratan-guratan kulit jeruk atau selulit.

Karena penyakit malas memakai body lotion tersebut, akhirnya selama satu tahun belakangan ini, saya memakai minyak sebagai pelembap tubuh, untuk menggantikan body lotion dan body oil. Dan cara tersebut ternyata sangat efektif lho! Oil lebih cepat menyerap ke kulit tubuh, jadi nggak seperti body butter yang perlu waktu lama untuk nge-blend dan meresap ke kulit.

Baca juga: 5 Body Oil Untuk Kulit Kering Dari Brand Lokal

Pasti banyak yang mengira kalau menggunakan minyak ke kulit, akan terasa licin dan lengket. Padahal enggak lho! Kalau cara memakainya tepat, oil yang kita gunakan nggak akan terasa licin dan lengeket di kulit kok. Cara saya memakai sih, saya selalu pakai sehabis mandi, dalam kondisi kulit tubuh masih basah sebelum dikeringkan dengan handuk. Air yang masih tersisa di kulit tubuh kita, akan membuat minyak lebih mudah merata di seluruh permukaan kulit tubuh dan juga lebih cepat meresap, tanpa meninggalkan rasa lengket.

Memang sih, rasanya oil-nya seperti menghilang begitu saja setelah diaplikasikan pada kulit tubuh dalam keadaan basah. Namun, cara ini bekerja dengan sangat baik kok untuk melembapkan kulit. Ketika menggunakan body oil dengan cara ini, kulit saya tetap terjaga kelembapannya, dan nggak mengeluarkan gurat putih ketika digaruk, meskipun saya berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama. Kelembapannya baru akan hilang kalau saya mandi lagi.

Selama setahun belakangan, saya benar-benar menggunakan cara ini saja untuk sehari-hari. Saya memakai body oil bukan hanya di malam hari seperti kebanyakan orang, tapi saya pakai juga di pagi/ siang hari. Nggak terasa lengket sama sekali kok! Terkadang saya masih memakai body lotion juga, kalau sedang kangen dengan aroma body lotion tertentu. Tapi saya sendiri sih sudah sangat nyaman dengan body oil untuk perawatan kulit tubuh sehari-hari.

IMG_1948 - Copy (2)

Untuk pilihan body oil saya sendiri, masih terbatas pada merek-merek drugstore yang mudah ditemui di pasaran dan nggak perlu beli online, misalnya Bio Oil atau Original Source Body Oil. Atau kalau sedang nggak ada stok body oil, saya juga suka menggunakan Olive Oil atau Virgin Coconut Oil (VCO), untuk dipakai ke seluruh tubuh. Akhir-akhir ini favorit saya malah VCO, karena aromanya enak seperti biskuit, harganya terjangkau, dan bikin kulit saya super lembap dan glowing.

Baca juga: Bio Oil, Skincare Praktis Untuk DIY dan Traveling

Oh ya, sejak saya menggunakan oil sebagai pelembap tubuh, kalau traveling bawaan saya jadi lebih sedikit! Saya cuma perlu bawa satu natural oil seperti VCO atau multifunction oil seperti Bio Oil untuk saya gunakan sebagai pelembap tubuh, face oil, pembersih make up, campuran untuk DIY scrub, sampai digunakan sebagai hair mask sebelum keramas. Jadi saya sudah nggak perlu membawa body butter, face oil, night cream, makeup remover, scrub, dan conditioner. Praktis, kan?

Bila kamu belum pernah mencoba menggunakan body oil, cobalah sesekali! Body oil ini lebih mudah dibaurkan ke kulit tubuh dan lebih cepat meresap, sehingga nggak memakan waktu lama untuk pemakaiannya dan akan lebih mudah menjangkau bagian-bagian tubuh yang biasanya kita malas mengoleskan body lotion. Lembapnya juga tahan lama lho!