FD Brand of The Month: Emina

Butuh dua tahun lho untuk mempersiapkan suatu produk hits bagi Emina. Yuk, tau lebih lanjut soal brand lokal ini.

Lama menurut saya, brand makeup lokal “meninggalkan” pasar teen dan tweens. Yah, ada beberapa nama pemain lama yang eksis dari zaman saya SD. Namun memasuki zaman millennials dan Gen-Z, brand-brand ini nggak melakukan reboot atau inovasi berarti.

Emina adalah salah satu brand makeup dengan fokus khusus ke young girls dan terus berinovasi. Their branding never fails, dan antusiasme perempuan-perempuan Indonesia juga selalu besar terhadap produk-produk Emina.

Salah satu produk terbaru, Emina Lip Tint, digodok selama beberapa tahun demi mendapatkan kualitas yang legit. Dan ternyata, hasilnya produk ini super booming dan jadi favorit banyak orang termasuk saya!

emina-magic-lip-tint-review-1

emina-magic-lip-tint-review-scarlet

As FD Brand of The Month, yuk cari tahu lebih banyak soal Emina lewat obrolan saya dengan Senior Brand Manager PT. Paragon, Clarissa Gunawan.

Apa proses paling memakan waktu dalam develop satu produk?

“Tahapan yang paling memakan waktu tentunya adalah tahapan dari mulai development formula oleh RnD sampai dengan produksi , karena tim tentunya harus memastikan produk yang dilahirkan sesuai dengan standar yang ditetapkan, aman dan stabil. Namun, faktor yang paling menentukan kesuksesan dari suatu produk adalah sejauh mana kami dapat mengerti kebutuhan konsumen kami dan melahirkan konsep produk dan strategi komunikasi yang sesuai.”

Boleh dong ceritain behind the scene lip tint Emina yang cukup panjang kemarin?
“Awalnya banyak banget konsumen Emina yang suggest untuk men-develop produk lip tint ini. Nah dari situ, tim kami berusaha mencari konsep produk yang lebih unggul dibandingkan produk-produk sejenis. Pencarian formulanya ini cukup lama dan bolak-balik, agar mendapat formula yang sesuai dengan yang diinginkan, dan lewat uji stabilitas.”

“Setelah formula yang tepat didapat, tiba saatnya tim brand dan marketing kembali in charge untuk menentukan strategi komunikasi, distribusi, dan bisnis yang sesuai. Selanjutnya, produk kami launch dan seperti yang dilihat sekarang, ternyata penerimaan konsumen sangat baik dan produk Emina Magic Potion pun booming :)”

Mulai merambah skincare wajah yang cukup intense, apa yang jadi perhatian Emina dalam develop skincare untuk remaja?

“Untuk menjawab kebutuhan remaja akan skincare dengan kualitas baik namun aman untuk remaja, kami men-develop skin care kami dengan seksama agar formulanya aman dan ringan. Yang menjadi perhatian kami tentunya jenis dan kondisi kulit remaja yang lebih lembut dan biasanya belum banyak menggunakan produk kecantikan lain. Terakhir tentunya packaging yang digunakan harus dapat me-represent remaja yang aktif dan seru sambil tetap menjaga kualitas produk di dalamnya.”

Sedang mempersiapkan produk baru apa?

Produk terbaru yang kami launch beberapa waktu lalu adalah Emina Pore Ranger, primer yang dapat digunakan untuk menyamarkan pori dan smile linesso you can be #instastory ready in no time!“. Untuk produk lainnya, tunggu kejutan-kejutan lain dari Emina :)