Trik Bikin Bibir Sexy Tanpa Filler

Ingin terlihat punya bibir sexy dengan cara overdraw lips? Lakukan langkah-langkah berikut agar hasilnya natural dan nggak terlihat aneh.

Belakangan, filler bibir makin marak di dunia kecantikan. Bibir yang terlihat lebih besar, penuh, dan sexy, kini menjadi tren, terutama bagi penggemar western makeup. Tapi sebenarnya nggak perlu filler atau memasukan benda asing ke dalam bibir kita untuk mendapatkan ilusi bibir penuh tersebut. Kita bisa mendapatkannya bibir penuh yang terlihat natural dan nggak aneh, dengan tehnik makeup yang tepat.

Yang akan kita lakukan adalah overdraw dan ombre lips. Tapi ini berbeda dengan tehnik ombre lips ala Korea. Pada  ombre lips ala Korea, kita memberikan warna yang lebih gelap pada bagian tengah bibir, untuk ilusi bibir lebih kecil dan cute. Nah, kalau yang ini, kebalikannya.

Baca juga: Tips Ombre Lips Natural dan Tahan Lama

overdraw lip (4)

Tapi, ada beberapa trik agar kita bisa mendapatkannya bibir penuh yang terlihat natural dan nggak aneh.  Yang perlu kita persiapkan adalah:

  • Nude Lipstick
    Warna nude akan membuat hasilnya terlihat lebih natural. Saya memilih matte liquid lipstick warna nude pink favorit saya, yaitu ESQA Matte Lip Liquid warna Dusty Pink.
  • Lip Liner
    Pilih lip liner yang warnanya satu tingkat lebih gelap dari lipstik pilihan kita. Saya memakai Silkygirl Long-Wearing Lip Liner warna Mauve
  • Clear Lip Gloss
    Lip gloss memberikan ilusi bibir lebih penuh dan juicy. Pilih clear lipgloss, yang teksturnya tidak terlalu pekat. Saya memakai Rivera Moisture Glow Lip Gloss

Pastikan bibir dalam keadaan bersih dan lembap, setelah itu ikuti langkah-langkah berikut:

overdraw lip (2)

overdraw lip (1)

1. Buat garis batas bibir dengan lip liner
Dengan menggunakan lip liner, gambar garis batas bibir yang dimau. Saran saya untuk overdraw lips, garis batas boleh di luar garis bibir asli, tapi masih harus menyentuh garis batas asli, agar tetap natural dan tidak terlihat aneh. Untuk bibir saya sendiri, karena ukuran bibir bagian bawah saya sudah jauh lebih besar, maka saya hanya melakukan overdraw pada bibir bagian atas. Untuk bibir bagian bawah, saya tetap menggambar sesuai dengan garis bibir.

2. Lakukan shading bibir.
Masih menggunakan lip liner tadi, arsir area-area bagian luar bibir sampai sedikit ke tengah. Arsir juga bagian ujung kiri dan kanan bibir, sisakan area bagian tengah saja. Lalu ratakan area cupid bow dengan lip liner, agar lekukan bibir tersamar dan bibir tampak lebih penuh.

3. Pakai lipstik di bagian tengah bibir.
Oleskan lipstik yang warnanya lebih muda dari warna lip liner yang kita gunakan tadi, dibagian tengah bibir. Gunakan jari tangan, untuk blending area-area perbatasan dengan lip liner. Tepuk-tepuk ringan saja sampai kedua warnanya menyatu.

4. Gunakan lip gloss.
Aplikasikan lip gloss dengan menggunakan jari, dengan cara ditepuk-tepuk ringan ke seluruh bibir. Hal ini dilakukan agar warna yang sudah kita bentuk sebelumnya, nggak rusak dan tercampur menjadi satu.

overdraw lip (5)

Dan selesai! Dengan cara di atas, bibir jadi terlihat lebih penuh, tapi tetap terlihat natural dan nggak aneh. Nggak perlu lagi filler bibir, kan? Saya sendiri sebenarnya kurang suka dengan tehnik ilusi membesarkan maupun memperkecil bibir. Tapi bolehlah sesekali dilakukan, untuk foto-foto atau bersenang-senang saja.

Berani mencoba?