banner-detik

diet fat loss

Weight Loss dan Fat Loss, Apa Bedanya?

seo-img-article

Dalam proses diet sebenarnya mana sih, yang harus lebih fokus? Apakah sebaiknya fokus pada weight loss atau fat loss? Berikut pembahasannya.

Umumnya, asumsi diet sukses adalah berkurangnya angka pada timbangan, karena itu bisa membuat kita jadi semangat untuk melanjukan diet dan jaga makan. Tapi sebenarnya, pada saat kita diet, mana yang harus difokuskan, weight loss atau fat loss? Kenapa kita harus tahu mana yang ingin dituju, karena keduanya adalah hal yang berbeda.

Olahraga Seru dan Bebas Stress- female daily-3

Weight Loss adalah mengurangi jumlah berat pada tubuh kita mulai dari tulang, otot, organ, lemak tubuh dan kadar air yang ada pada tubuh. Sedangkan Fat loss adalah mengurangi jumlah lemak yang ada dalam pada tubuh kita. Jumlah kadar lemak yang baik pada tubuh kita itu berkisar di 25%-31%  dari keseluruhan berat tubuh.

Jadi sebaiknya saat mulai diet fokusnya kemana? Menurut para insturktur olahraga yang sering saya temui di beberapa studio olahraga seperti Kaloria, Bodyfit, dan juga Alder, fokusnya lebih baik pada fat loss. Weight loss dilihat sebagai bonus saja. Weight loss nggak bisa dijadikan takaran sukses atau nggak kita dalam diet, karena angka yang ada pada timbangan itu nggak bisa menjelaskan perbedaan antara berat atau kadar lemak, air, tulang, dan juga otot pada tubuh kita.

Bisa saja dalam sehari kita berkurang 4 kilo. Drastis dong ya? Tapi kita nggak tahu 4kg ini hilangnya dari mana. Apakah dari kadar air pada tubuh kita yang berkurang? Atau mungkin karena rajin buang air besar setiap harinya? So, ukuran pada timbangan nggak bisa selalu dipercaya, makanya saya pernah menulis bahwa saat mulai olahraga dan mengurangi makan kita perlu stop melihat angka pada timbangan.

cinch fat muscle

Image Source: getmuscletips.com

Fat loss di sini artinya kita mengurangi jumlah lemak pada tubuh. Bisa dilihat di foto di atas ini kalau timbangan lemak dan otot bisa sama, tapi ukurannya terlihat jauh berbeda. Makanya kalau kita hanya mengurangi makan saja, tapi lemak nggak dibakar, tubuh kita nggak akan terlalu terlihat perubahan yang signifikan. Sedangkan bila dibarengi dengan olahraga baru akan terlihat perbedaannya, karena lemak menumpuk pada tubuh dibakar dengan benar.

Nah, sekarang sudah tahu ya, bedanya antara weight loss dan fat loss? Jadi mulai sekarang nggak perlu lagi stress melihat angka pada timbangan, tapi lebih fokus pada ukuran baju saja. Kalau baju yang tadinya sempit sudah mulai pas, artinya kamu mulai mengalami yang namanya fat loss!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment