Goban Cosmetics | FD Brand of The Month

Goban adalah salah satu brand kosmetik yang banyak diserbu pada saat acara Jakarta x Beauty 2018. Yuk simak cerita suksesnya menuju pasar internasional!

Di saat brand lokal banyak melakukan kolaborasi dengan beberapa beauty influencer, brand lokal asal Jakarta, Goban, uniknya bekerjasama dengan Sanrio. Goban bekerjasama dengan Sanrio nggak cuma untuk Gudetama series aja, tapi juga ada series Hello Kitty. Founder Goban Cosmetics, Angel Chyntia dan team akan menceritakan bagaimana prosesnya. Psst.. akan ada bocoran tentang produk baru Goban Cosmetics dan rencana mereka ke depannya di local beauty scene, lho.

goban

Apa sebenarnya arti di balik nama Goban?

“Wah selalu nih orang banyak yang penasaran sama artinya haha. Jadi, sebenarnya Goban itu adalah sebuah singkatan. Goban stands for gorgeous and beautiful angels. Tiga kata tersebut bukan tanpa makna, tapi ada tujuan penting dibaliknya yaitu agar semua wanita bisa seperti angels. Tadinya bener-bener nggak niat bikin kata Goban, tapi dari kata-kata tadi kalau digabung jadi Goban deh.”

Kalau ide pelafalannya sendiri berasal dari Angel, owner-nya yang pernah belajar tentang beauties di Perancis selama 6 bulan. Maka dari itu dia terinspirasi untuk memberikan aksen Perancis pada pelafalan Goban.”

Bagaimana awal terbentuknya Goban Cosmetics?

“Ide pertama kali ingin membuat brand kosmetik itu terlintas di pikiran saya pada tahun 2012, sewaktu saya habis pulang dari Perancis. Habis dari Perancis saya mengaplikasikan ilmu-ilmu yang saya dapat sebagai seorang makeup artist. Habis jadi makeup artist baru deh kepikiran pengen bikin brand kosmetik yang beda dari yang lain. Kebetulan dalam proses memulainya, saya punya partner yang mengerti dunia farmasi, banyak bantu mengurus birokrasi, seperti izin BPOM dan lain lain.”

Apa tantangan terbesar membuat brand kosmetik di market Indonesia?

“Branding! Hahaha.. Harus ditentukan dulu branding itu arahnya mau ke mana. Jadi tahun 2015 kita mulai develop ide-ide. Setelah tau branding arahnya mau kemana, baru kita cari-cari formula yang diinginkan. Nah, baru di tahun 2016 akhir  kita mulai launching. Jadi proses menuju launching itu nggak instant, hampir satu tahun setengah.”

Apa sih keunikan Goban dibanding brand lokal lain?

“Yang pertama sih pasti branding ya, jadi kita pengen sampein ke customer kalau kita punya visi dan misi yang berbeda. Jadi kalau mereka pakai Goban itu mereka akan merasa bold and confident. Maksud kita bold itu bukan berarti bener-bener harus serius dan cool, tapi bold itu seperti menekankan bahwa setiap karakter orang itu berbeda, jadi jangan malu menunjukkan best version of your self.

Kalau dari segi formula, kita pengen cari formula yang aman bagi semua jenis kulit. Jadi siapa aja bisa pakai. Makanya pada saat awal launching, pilihan shade kita cukup unik ya, dan kita sesuaikan sama warna kulit Indonesia.”

Siapa sih sebenarnya target market dari Goban?

Range usia 18-40 tahun tapi pengennya siapa aja bisa pakai. Apalagi pada saat acara Jakarta X Beauty berlangsung, ternyata banyak juga Ibu-ibu yang antusias dengan produk-produk kami. Produk unggulan di Jakarta X Beauty kemarin adalah highlighter, jadi cukup kaget karena sebenernya lipstick itu lebih wearable. Nah disini ada keunikan pergeseran tren berarti, jadi bisa dapat banyak input juga buat kita. ”

 Goban kosmetik

Bagaimana cerita kerjasama dengan Sanrio?

“Awalnya mereka kontak kita, lalu ketemu. Nah, baru deh disitu kita tanya kenapa merek pilih kita, ternyata alasannya karena katanya kita punya karakter dan branding sesuai dengan mereka. Nah dari situ, boleh kita coba. Siapa tau bisa menjangkau pasar internasional. Akhirnya kita mulai deh diskusikan formula dan design.

Koleksi Goban X Sanrio ini bisa dibeli di beberapa kota yang menjadi tujuan road trip mereka. Animo masyarakat sangat bagus ya dengan Goban X Sanrio. Yang menjadikannya unik adalah shades-nya. Kalau Gudetama shades-nya lebih ke orange, kalau Hello Kitty itu dusty pink dan fuchsia. Koleksinya sangat terbatas. Customer bisa beli di website kita dan beberapa market place.”

What’s next for Goban Cosmetics this year?

“Harapannya pengen go internasional. Kalau belakangan ini kita perhatikan banyak banget brand luar yang masuk ke Indonesia. Nah kita brand Indonesia juga mestinya bisa menembus pasar internasional, ya untuk awal targetnya adalah South East Asia. Customer pertama kita adalah orang berkebangsaan India. Dia tau kita dari website, dan senangnya sampai sekarang masih keep in touch dan selalu beli produk-produk kita. Nah hal itu juga bikin kita percaya diri banget untuk menjangkau pasar internasional.”

Insight menarik dari customer-customer Goban Cosmetics?

“Mereka semua pada minta produk baru, semua sudah tidak sabar menanti produk terbaru dari kami. Dalam waktu singkat kita akan launching produk. Mungkin produk yang masih berhubungan dengan bibir. Kalau spesifiknya kita masih belum bisa kasih tau haha tungguin aja.”

Coba, kira-kira apa ya, produk yang berhubungan dengan bibir?

Anyone would take a guess? :)