banner-detik

diet fat loss

Ini 3 Kebiasaan yang Bikin Diet Gagal dan Berat Badan Nggak Turun!

seo-img-article

Sejak awal tahun sudah rajin olahraga dan diet, tapi berat badan nggak turun signifikan? Mungkin kamu masih melakukan 3 kebiasaan ini!

Memasuki tahun baru, gimana nih proses diet dan olahraga? Masih berjalan lancar atau sudah mulai bolong-bolong karena merasa nggak ada perubahan signifikan selama enam bulan terakhir ini? Kalau memang dirasa nggak ada perubahan dari timbangan berat badan, bukan berarti usaha jaga pola makan dan olahraga kamu sia-sia, karena saat kamu diet dan olahraga, angka yang ada di timbangan nggak bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan penurunan berat badan.

kebiasaan saat diet

Lalu, gimana dengan kasus yang sudah jaga pola makan, olahraga rutin tapi nggak ada perubahan apapun pada badan? Ukuran baju nggak berubah dan timbangan juga nggak menurun? Bisa jadi, kamu melakukan tiga kesalahan ini!

Baca juga:Tak Mau Perut Buncit? Kurangi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini!

Cheat day

makanan untuk menambah berat badan

Dari setiap jenis diet apa pun itu, pasti ada yang namanya cheat day. Sayangnya, cheat day di sini sering disalahgunakan. Misalnya, di satu hari tersebut kamu mengonsumsi makan-makanan yang tinggi kalori dalam jumlah yang banyak. Padahal, sebenarnya cheat day itu adalah sebuah aktivitas untuk kita mengonsumsi segala jenis makanan, baik yang dilarang ataupun tidak. Hal ini bisa dilakukan selama satu hari penuh. Nah, tapi perlu dicatat kalau cheat day juga bisa membuat dietmu gagal, lho. Jadi, pastikan untuk nggak makan sembarangan dan nggak makan berlebihan ketika cheat day!

Baca juga: Ini 5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah untuk Mengatasi Perut Buncit!

Reward setelah olahraga

Ada yang pernah melakukan ini? Habis olahraga lalu langsung ngasih reward ke diri sendiri dengan makan makanan yang sembarangan? Nah, hal inilah yang kadang bikin diet kamu gagal, karena kamu memberikan reward bukan dari kesuksesan turun berat badan, tapi karena olahraga. Harusnya, reward itu diberikan ketika kamu sudah mencapai target yang diinginkan, misalnya dari berkurangnya berat badan atau ukuran baju mengecil. Bukan berarti kita nggak boleh makan setelah olahraga, sih. Makan boleh-boleh saja, tapi apa yang kamu konsumsi harus diperhatikan juga. Contohnya, kamu bisa mengonsumsi telur rebus dua butir, dada ayam rebus, atau salad dengan dressing yang sedikit saja.

Baca juga:Cari Kegiatan Menyehatkan di Tahun 2024? Ini Jadwal Event Lari di Indonesia yang Bisa Kamu Ikuti!

Terlalu mengikuti trend

Sama seperti skincare, tipe-tipe diet yang sukses di orang lain belum tentu akan berhasil di kamu. Setiap jenis diet itu menargetkan pengurangan berat yang berbeda, selain itu setiap orang memiliki kondisi, kebutuhan nutrisi, dan psikologi yang berbeda. Jadi, belum tentu diet-diet yang tren seperti paleo, keto, dan mayo menjadi kunci sukses penurunan berat badan kamu. So, kenali dirimu lebih dalam dan konsultasikan dengan expert untuk menentukan tipe diet mana yang paling cocok untukmu!

Kalau kamu masih melakukan tiga hal di atas, yuk pelan-pelan diubah dari sekarang. Lalu, jangan mudah putus asa dulu kalau sudah menjalani semua aturan tapi berat badan nggak turun, karena proses penurunan berat badan itu makan waktu lama dan butuh kesabaran tinggi. Semoga proses dietmu lancar, ya!

 

Image: Freepik, iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment