3 Kebiasaan Diet Bikin Gagal Turun Berat Badan

Sejak awal tahun sudah rajin olahraga dan jaga makan, tapi berat badan nggak turun signifikan? Mungkin kamu melakukan 3 mindset salah saat diet ini.

Sudah masuk bulan keenam di tahun 2018 ini, gimana proses diet dan olahraga? Masih jalan lancar atau sudah mulai bolong-bolong karena ngerasa nggak ada perubahan signifikan selama enam bulan terakhir ini? Kalau memang dirasa nggak ada perubahan dari timbangan berat badan, bukan berarti usaha jaga pola makan dan olahraga kamu sia-sia. Karena saat kamu diet dan olahraga, angka yang ada di timbangan nggak bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan penurunan berat badan. Penjelasan detil mengenai hal ini sudah pernah saya bahas di artikel Alasan Stop Lihat Timbangan Saat Diet dan Olahraga“.

Lalu gimana untuk kasus yang sudah jaga pola makan, olahraga rutin tapi nggak ada perubahan apapun pada badan? Ukuran baju nggak berubah dan timbangan juga nggak menurun? Bisa jadi, kamu melakukan tiga kesalahan ini:

Baca Juga: Diet Santai untuk badan Fit

3 Mindset Salah Saat Diet

Cheat Day

Dari setiap jenis diet apa pun itu, pasti ada yang namanya cheat day. Sayangnya, cheat day di sini sering disalahgunakan. Misalnya, di satu hari tersebut makan-makanan yang tinggi kalori dalam jumlah yang banyak banget. Padahal sebenarnya pada cheat day itu, kita boleh makan satu makanan yang biasanya nggak boleh kita makan. Misal makan makanan manis seperti cake.

Kalau memang lagi nggak craving makan tertentu, boleh juga kamu nggak perlu ada cheat day. 

Baca Juga : Maya Melivyanti – Balance Diet Lebih Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Reward Setelah Olahraga

Ada yang pernah melakukan ini? Habis olahraga lalu langsung ngasih reward ke diri sendiri dengan makan? Ini nih, yang kadang bikin diet kamu gagal, karena kamu memberikan reward bukan dari kesuksesan turun berat badan, tapi karena olahraga. Harusnya reward itu diberikan ketika kamu sudah mencapai target yang diinginkan, misalnya dari berkurangnya berat badan atau ukuran baju mengecil. Bukan berarti kita nggak boleh makan setelah olahraga. Makan boleh-boleh saja, tapi yang apa yang akan dikonsumsi harus diperhatikan juga. Apa yang boleh di makan? Misalnya telur rebus dua butir, dada ayam rebus atau salad tapi dengan catatan dressing yang digunakan sedikit aja.

Baca Juga: #InsideFDHQ: Trainer Olahraga Favorit FD Babes

Terlalu Ikut Trend

Sama seperti skincare, tipe-tipe diet yang sukses di teman kamu belum tentu akan berhasil di kamu. Setiap jenis diet itu menargetkan pengurangan berat yang berbeda, selain itu setiap orang memiliki kondisi, kebutuhan nutrisi dan psychology yang berbeda. Jadi belum tentu diet-diet yang tren seperti Paleo, Keto, dan Mayo menjadi kunci sukses penurunan berat badan kamu.

Jadi, kalau kamu masih melakukan tiga hal di atas, yuk mulai pelan-pelan diubah dari sekarang. Dan jangan keburu putus asa dulu kalau sudah menjalani semua aturan tapi berat badan nggak turun, karena proses penurunan berat badan itu makan waktu lama dan butuh kesabaran tinggi.