banner-detik

haircare

Parisian Brown Balayage, Warna Rambut untuk Yang Masih Takut Eksperimen

seo-img-article

Saya baru saja ngecat rambut dengan trend pewarnaan rambut terbaru dari L’Oreal Professionnel: Parisian Brown Balayage. Seperti apa sih teknik pewarnaan ini?

Hair coloring, boleh dibilang jadi salah satu #MyBeautyRules. Mengubah warna rambut memang sudah jadi bagian dari perawatan penampilan saya sejak lebih dari sepuluh tahun lalu. Terakhir saya mengecat rambut di Salon Pavilion dengan pilihan warna cokelat serta diberi sentuhan highlight light brown tiga bulan lalu. Jadi di bagian akar mulai terlihat hitam, sedangkan di bagian bawahnya warna rambut terlalu terang. Ini berarti sudah saatnya harus segera diwarnai lagi.

Before Balayage

Warna rambut lama saya

Nah, minggu lalu saya pun diundang untuk mencoba sendiri tren pewarnaan rambut terbaru dari L’Oreal Professionnel: Parisian Brown Balayage. Teknik balayage sendiri telah hadir sejak tahun 1974 di salon L’Oréal Professionnel Paris. Di tahun 2014, balayage mulai populer secara online dan menjadi tren rambut nomor 1 yang mendunia. “Selama ini, banyak orang mengira balayage hanya bisa diaplikasikan pada warna-warna intens, padahal juga bisa dilakukan dengan memakai warna-warna cokelat,” ujar Indra Tanudarma selaku Head of Education L’Oréal Professionnel dalam acara peluncuran teknik pewarnaan rambut terbaru ini.

Ngecat rambut 2

Tapi hingga kini, di tengah berbagai warna dan teknik pewarnaan rambut yang semakin beragam, Balayage menjadi teknik pewarnaan rambut yang populer dan begitu diminati karena memberikan tampilan warna yang lembut, natural, serta cocok untuk warna kulit wanita Asia dari berbagai kalangan dan usia.  Untuk mendapatkan Balayage ini, kita bisa memilih warna-warna cokelat dari seri Majirel maupun INOA dari L’Oreal Professionnel.

Maka, di suatu pagi, saya sudah janjian dengan Thomas Mattel, Educator Manager L’Oreal Professionnel untuk mencoba mewarnai rambut dengan teknik Parisian Brown Balayage. Thomas pun mencermati lebih dulu warna rambut saya sebelum diwarnai. Lalu ia bertanya, “Kamu ingin diwarnai seperti apa?” Saya pun segera menjelaskan keinginan saya untuk men-tone down warna rambut.

“OK. Saya akan membuat rambut di bagian atas, dekat akar berwarna lebih gelap. Lalu, untuk bagian batang rambut di bagian bawahnya sedikit lebih terang. Nah, nanti di beberapa bagian, akan saya beri sedikit bleaching,” kata Thomas menjelaskan tentang rencananya untuk mengubah warna rambut saya.

Ngecat rambut 1

Dengan cekatan, Thomas pun mulai mengambil sedikit bagian rambut di belakang, dengan ujung sisir sasak, ia melakukan waving (hanya mengambil sedikit bagian rambut dengan cara mengambilnya pakai ujung sisir, lalu melakukan gerakan seperti merajut), menyasak sedikit bagian itu. Kemudian, ia mengambil plat khusus untuk mengecat rambut yang akan di-bleaching. Lalu pada bagian rambut itu diaplikasikan bleaching.

Setelah itu, Tom, begitu nama panggilan akrabnya, melepas begitu saja bagian rambut yang sudah diolesi produk bleaching, tanpa menutupnya dengan aluminium foil. Saya pun spontan bertanya, “Oh, kenapa tidak perlu ditutup dengan kertas aluminium?” Tom pun menjelaskan, teknik pewarnaan Parisian Brown Balayage ini memang tidak memakai aluminium foil untuk menutupi bagian rambut yang di-bleaching agar suhu rambut tidak terlalu panas, sehingga nantinya rambut tidak perlu terlalu putih warnanya, agar ketika diberi warna, tetap terkesan natural.

After Balayage tampak belakang

Hasil cat rambut dengan Teknik Parisian Brown Balayage

Hasilnya? Ketika Tom mulai mengeringkan dan mencatok rambut saya, spontan saya pun berteriak, “Wow! I love my new hair style! I like it, Tom!” Nah, hasilnya rambut saya kini berwarna cokelat natural, dan di beberapa bagian tampak warna cokelat terang yang sangat natural, seolah beberapa rambut saya jadi cokelat terang terkena terpaan sinar matahari.

After Balayage kolase

Mau lihat hasil kreasi Tom yang lain? Nah, kebetulan pada hari itu, Tom juga mengecat rambut Anna, rekan saya dari media Kompas.com. Anna baru pertama kalinya mewarnai rambutnya. Jadi, ia sejak awal sudah mewanti-wanti Tom agar rambut hitamnya tidak terlalu banyak berubah. Ia tidak ingin warna rambutnya terlihat mencolok. Nah, ini hasil cat rambut Tom pada virgin hair. Bagus ya?

Cat rambut cokelat balayage

Oh ya, teknik pewarnaan Parisian Brown Balayage ini, tersedia di salon-sal0n L’Oreal Professionnel mulai Juni 2018 ini.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment