banner-detik

dryness

Makeup Cakey atau Nggak Nempel? Ini Jawabannya

seo-img-article

Setelah menggunakan foundation dan bedak, lalu makeup cakey dan nggak menempel pada wajah? Bisa jadi, ini karena kulit kamu dehidrasi. Yuk, cari tahu gimana cara mengatasi dan mengkoreskinya.

Pernah ngalamain hal di atas? Sudah menggunakan adonan makeup yang biasanya pasti OK, tiba-tiba fail karena cakey dan nggak mau nempel? Bisa jadi hal ini terjadi karena kulit kamu sedang dehidrasi, sehingga makeup paling bagus pun terlihat “nggak pas” di wajah. Apa hubungannya kulit dehidrasi dengan makeup nggak mau menempel? Lalu gimana juga kita tahu kulit sedang dehidrasi? Semua akan saya bahas di bawah, serta cara mengatasinya.

Seperti yang pernah dijelaskan Dara, pada artikel “Mengatasi Kulit Berminyak yang Dehidrasi“, kulit dehidrasi itu adalah kondisi kulit sementara, di mana terjadinya ketidakseimbangan antara kadar air dan minyak pada kulit wajah. Faktor yang membuat kulit kita dehidrasi biasanya karena perubahan cuaca, kurang isitrahat/bergadang, menggunakan skincare yang terlalu irritating, atau karena sedang mau datang bulan.

Makeup Cakey atau Nggak Nempel? Ini Jawabannya-2

Lalu, ciri-ciri kulit dehidrasi seperti apa sih? Pori-pori wajah yang bisa terlihat lebih kecil atau lebih besar, kulit terasa kencang dan kering, tapi disaat yang bersamaan memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak, dan kulit wajah terlihat kusam.

Biasanya kulit yang dehidrasi akan memproduksi sel-sel kulit mati lebih banyak dibandingkan kulit normal. Kemudian, karena kulit “haus”, maka akan menyerap minyak atau kelembaban lebih cepat. Karena dua hal tersebut, ketika kulit dehidrasi diaplikasikan makeup akan terlihat cakey dan nggak mau menempel pada kulit.

Jadi apa yang harus dilakukan kalau kulit sedang dehidrasi, tapi kita butuh menggunakan makeup?

Exfoliate 

Angkat dulu sel-sel kulit mati pada wajah. Karena kulit dehidrasi rentan akan iritasi, pilih acid toner yang sifatnya mild, contohnya Hada Labo Mild Peeling Lotion. Hindari juga exfoliating toner atau produk skincare lainnya yang mengandung alkohol di dalamnnya. Penggunaannya pun cukup dua kali dalam seminggu, kalau berlebihan nantinya kulit malah akan iritasi dan timbul jerawat.

Moisturiser

Bedasarkan pengalaman saya kemarin, sewaktu kulit dehidrasi dan setiap menggunakan makeup serba salah, yang saya lakukan adalah mengganti pelembab wajah saya dengan sleeping mask. Yes, sleeping mask ini saya gunakan di pagi dan malam hari, untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Kadang kalau kulit lagi terasa kering akibat kurang istirahat dan pergantian hormon saat haid, saya suka double moisturiser dengan menggunakan pelembab malam dan ditutup dengan sleeping mask. 

Setelah menggunakan double moisturiser (pelembab+sleeping mask), jangan langsung aplikasikan runtutan makeup rutin kamu. Beri jeda 25 – 30 menit terlebih dahulu, agar dua pelembab wajah tadi sudah meresap dengan baik kedalam kulit.

Manfaatkan Face Mist

Kamu bisa menggunakan face mist yang disemprotkan ke beauty sponge, terutama yang yang memiliki kandungan hydrating seperti glycerin, HA dan aloe vera misalnya.

Semoga tips di atas membantuk kalian untuk mengatasi foundation yang nggak mau nempel, ya. Selain faktor ini, bisa jadi makeup cakey kamu justru karena pemilihan foundation yang teksturnya susah di-blend.

Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment