banner-detik

beauty clinic dermatologist

Sunscreen dan Kulit Berjerawat Menurut Dokter Kulit

seo-img-article

Haruskah mengangkat sunscreen dengan cleansing oil? Kenapa sunscreen dan kulit berjerawat gampang musuhan? Dr. Geoff Genesky dari Kiehl’s punya jawabannya.

Jauh-jauh ke New York, Amerika, tetap nggak bisa jauh dari topik jerawat! Mungkin ada yang sudah tahu kalau akhir April 2018 lalu, saya terbang ke Amerika untuk menghadiri rangkaian acara World of Kiehl’s. Salah satu kegiatan di sana adalah panel bersama sejumlah expert dari brand skincare Kiehl’s, dan selama hampir satu jam, rombongan dari 17 negara asyik membahas tren skincare 2018: anti polusi. Bagaimana sih, approach Kiehl’s, sebagai brand yang sudah berusia ratusan tahun dan berawal sebagai apotik, melihat tren ini.

Semua pun setuju kalau menjaga moisture barrier, dan memakai produk kaya antioksidan seperti vitamin C pun wajib hukumnya di zaman sekarang agar kualitas kulit tetap OK. Apa pun deh, yang bisa menjaga kulit tetap sehat walau terpapar polusi dan matahari, tanpa menyebabkan kulit overwhelmed atau terpapar bahan-bahan keras. Model Romee Strijd, yang turut hadir di panel, bahkan ikut sharing cerita lucu bahwa makeup artist-nya saat kerja pun ikut-ikutan heboh soal skincare vitamin C!

sunscreen-berjerawat-kiehls-1

sunscreen-berjerawat-kiehls-2

And it’s not an anti-pollution skincare regime without a sunscreen, right? Tapi kenapa sih, step penting ini justru jadi step paling tricky bagi banyak orang, termasuk saya, yang punya kulit sensitif dan clog prone? Saya pun nyolek Scientific Director, Innovation & Product Development Kiehls, Geoff Genesky, Ph.D (yang juga dapat predikat “a cute science nerd” dari W Magazine), yang merupakan sosok di balik konsep-konsep dan formulasi unik produk Kiehl’s!

Kalau dokternya cute begini, bakal didengerin kan? ;p

sunscreen-berjerawat-kiehls-3

Haruskan pakai cleansing oil atau oil-based cleanser untuk membersihkan sunscreen?

“Ya, jika jenis sunscreen-nya water resistant. “

How would you explain people breaking out from sunscreen? Padahal sudah memakai physical sunscreen yang sering diklaim lebih aman untuk kulit clog prone.

“OK, jadi banyak sekali dokter atau expert yang menyarankan memakai mineral sunscreen untuk kulit clog prone atau sensitif. Tapi masalahnya, mineral sunscreen kadang bisa menyumbat pori. Sunscreen Kiehl’s ada yang memakai chemical sunscreen, namun tetap kami rekomendasikan untuk kulit clog prone karena jenis chemical-nya organik, non-comedogenic, dan sudah teruji di jumlah sampel yang besar, tidak menyebabkan clogging.”

“Saya sendiri selama praktik saya, sudah mencoba berbagai formula sunscreen. Kenyataannya, mau sunscreen chemical atau physical, tetap bisa menyumbat pori, tergantung di formulasi keseluruhan produknya. Kadang yang menimbulkan jerawat bukan kandungan UV filter-nya, tapi bahan lain di produk tersebut. It’s all about formulation, and also people’s unique skin conditions.”

Bagi acne-prone skin, penting kah memakai sunscreen oil free?

Oil free sunscreen artinya adalah tidak ada kandungan oil di formula produk itu, seperti vegetable oil, misalnya. Tapi kalau kamu memakai organic sunscreen dengan kandungan seperti Mexoryl dan Avobenzone, tekstur mereka memang ‘berminyak’ dari sananya. Kandungan organic sunscreen seperti ini non-comedogenic. Lebih baik lagi saat membeli sunscreen, pastikan memang di kemasannya ada label non-comedogenic.”

Masih berkaitan dengan kulit clog prone dan acne prone, banyak produk untuk kulit sensitif, maupun medical-grade skincare yang memakai bahan Shea butter yang menurut pengetahuan saya non-comedogenic. Tapi, menurut pengalaman saya, it’s clogging my pores! Bagaimana menurut dokter, secara produk Kiehl’s juga banyak yang menggunakan bahan Shea butter?

“Ada istilahnya melting points, yang menunjukkan tingkat pengolahan bahan seperti Shea butter sehingga bisa menghasilkan tekstur yang lebih ringan, atau justru ‘berat’. Tekstur Shea buter yang masih thick tentu bisa menyumbat pori-pori wajah. Saran saya, bagi yang punya kulit berminyak, lebih baik nggak usah memakai produk dengan tinggi kandungan Shea butter. Kalau takuut banget untuk ketemu bahan ini, tapi suka efek melembabkannya, bisa pilih pelembap dengan kandungan Shea butter tertulis mengarah ke bawah ingredients list.”

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment