Klaim Palsu, Maskara Glossier Lash Slick Ramai di-Refund

Baru 24 jam dirilis, maskara baru Glossier Lash slick udah dikelilingi drama.

Rabu (9/5) lalu, Glossier merilis produk makeup baru yaitu Glossier Lash Slick, maskara pertama brand makeup startup ini. Dibandrol dengan harga $16, Glossier Lash Slick menjanjikan efek lifting dan conditioning yang akan membuat bulu mata tampak lebih “wah” namun tetap natural tanpa gumpalan untuk makeup sehari-hari. Basically, Glossier aesthetic in a mascara tube.

Foto dan video promo Lash Slick pun jadi bahan diskusi “panas” di berbagai forum beauty. Ada yang tertarik, atau lebih tepatnya simpatik terhadap produk ini, karena para model Lash Slick nggak menggunakan bulu mata palsu di iklannya. Namun lebih banyak lagi yang nggak tertarik karena hasil Glossier Lash Slick yang kelihatan terlalu subtle, seperti nggak memakai maskara. Buat apa menghabiskan $16 untuk sebuah maskara dengan hasil “natural” ?

glossier-mascara-lash-slick-vegan-1

Image: Glossier

Belum juga 24 jam dirilis, Glossier Lash Slick punya masalah baru: para netizen kritis menemukan kandungan beeswax di ingredients list Glossier Lash Slick yang diklaim sebagai produk vegan, alias bebas kandungan hewani. FYI, beeswax sendiri adalah bahan yang dibuat oleh ratu lebah, dan ekstraksi wax dari kendang lebah dikenal bisa menyakiti lebah.

Baca juga: Mau coba Produk Glossier? Ini Rekomendasinya

Cuitan netizen pun membuahkan “hasil” permintaan maaf dan refund Glossier kepada pembeli yang kecewa karena false claim ini.  Kata “vegan” pun kemudian ditarik dari halaman website Glossier Lash Slick.

Menarik, karena Glossier sendiri mengatakan bahwa pembuatan Lash Slick memakan waktu 18 bulan riset dan lebih dari 200 kali pergantian formula. Apakah beeswax baru ditambahan menjelang akhir proses pembuatan, sehingga tim Glossier bisa khilaf? How could you falsely claim to be vegan, which is not a small claim at all?

Drama Glossier Lash Slick ini pun menambah panjang cerita-cerita menarik produk-produk Glossier, setalah sempat Glossier dikecam saat membandingkan produk exfoliating Glossier Solution dengan brand lain, dan sunscreen mereka yang turun harga.

Baca juga: 3 Update Baru Glossier: Toner, Sunscreen, Plagiat!

Share your thoughts!