Double Cleansing Bikin Breakout?

Double cleansing bisa mengangkat sisa makeup dan kotoran lebih efektif sehingga kulit bersih dari bakteri. Tapi, ada teori yang bilang double cleansing juga bisa bikin breakout!

Buat para skincare enthusiast, double cleansing adalah tahapan skincare yang paling wajib hukumnya dan harus dilakukan setiap hari tanpa nego. Nggak cuma mastiin kulit bersih total dari makeup dan kotoran, double cleansing juga harus tetap menjaga kelembapan dan stabilitas kulit supaya nggak kering karena proses pembersihannya.

Meskipun membersihkan wajah dengan tuntas adalah ilmu dasar skincare, tapi ada juga beberapa pendapat berbeda soal pengaplikasian double cleansing ini. Coba, paham mana yang kamu anut dan bekerja dengan baik di kulit kamu?
23434754_10155929290312566_2559725777922900870_nCharlotte Cho (Licensed Aesthetician, pendiri Sokoglam)

Double cleansing dimulai dengan menggunakan oil cleanser, kemudian dilanjutkan dengan foaming cleanser. Kamu butuh dua formula berbeda untuk membersihkan kulit secara menyeluruh.”

(Postingan lengkap di sini)

Caroline Hirons (Licensed Aesthetician, Brand Consultant, Skincare Blogger)

“Double cleansing tidak harus selalu membersihkan kulit dengan oil cleanser lalu foaming cleanser. Kamulah yang paling tahu pembersih apa yang paling bisa mengangkat makeup dan kotoran di wajah kamu. Kamu yang paling tahu kulitmu dan skincare routine yang kamu butuhkan, bukan orang lain di beauty counter ataupun saya.

Menggunakan makeup berlapis? Bersihkan itu terlebih dahulu.

Menggunakan SPF tebal? Bersihkan juga sampai tuntas.

Kalau kamu menggunakan keduanya dan ragu harus pilih pembersih jenis apa, baru gunakan pembersih yang paling berminyak.”

(Postingan lengkap di sini)

Renee Rouleau (Esthetician, pendiri Renee Rouleau skincare)

“While I do believe that heavy makeup and water-resistant sunscreen wearers could benefit from cleansing twice, I don’t agree with the type of product (a balm or an oil) being used as the first step. I believe a more efficient way of cleansing to properly remove makeup is to use a lightweight, water-soluble, cleansing lotion with emulsifiers.”

“Meskipun saya percaya bahwa makeup tebal dan sunscreen yang tahan air bisa terangkat sempurna dengan double cleansing, saya tidak setuju dengan penggunaan oil atau balm sebagai first cleanser. Saya percaya bahwa cara paling efisien untuk menghapus makeup dan membersihkan wajah adalah dengan cleansing lotion yang ringan, bisa larut di air,

(Postingan lengkap di sini)

Jadi, cara double cleansing mana yang paling tepat?

Charlotte Cho beranggapan bahwa oil-based cleanser adalah first cleanser terbaik untuk double cleansing. Caroline Hirons lebih fleksibel dengan teori setiap orang berbeda-beda, jadi nggak semua orang harus dipukul rata dengan oil-based cleanser. Micellar water, cleansing cream, atau cleansing balm bisa dipakai sesuai kebutuhan kulit. Sedangkan Renee Rouleau menganggap justru oil-based cleanser akan meninggalkan residu yang bikin produk skincare selanjutnya nggak bisa menyerap sempurna di dalam kulit.

Berdasarkan approach K-Beauty yang memang fokus pada keseimbangan moisture barrier, penggunaan oil-based cleanser memang dianggap lebih melembapkan dan less harsh karena nggak harus menggesek dengan kapas. Tapi tentu semuanya kembali lagi ke setebal apa makeup yang digunakan dan seberapa “kotor” wajah kita hari itu. Kalau memang kita sering menggunakan full-coverage foundation dan concealer yang bisa melting lebih mudah dengan oil-based cleanser, tentu lebih praktis menggunakan oil-based cleanser aja. Biar bagaimanapun, minyak lebih mudah melarutkan partikel makeup, yang paling tahan lama sekalipun.

Tentu semuanya kembali lagi ke kulit masing-masing. Untuk cleansing balm atau cleansing oil, mungkin ada ingredients yang memang bikin clogged pores di beberapa orang, seperti mineral oil atau thick essential oils lainnya. Cleansing lotion atau non-oil cleanser lainnya juga punya manfaat tersendiri, less-clogging misalnya, tapi bisa juga daya angkatnya nggak sebersih. So, maybe we can just settle down on Mrs. Hirons’ method? 

Apa jenis first cleanser yang kamu gunakan?