banner-detik

face powder

Beautypedia: Mineral Makeup Alternatif untuk Kulit Sensitif

seo-img-article

Ada yang familiar dengan mineral makeup di sini? Katanya produk ini lebih aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Yuk, cari tahu lebih lengkap mengenai produk ini. 

Sekitar enam tahun yang lalu, mineral makeup jadi salah satu produk kencantikan yang popular di forum Female Daily. Dulu, yang saya tahu mineral makeup lebih gentle di kulit, aman untuk kulit sensitif dan salah satu produk yang direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat. Karena namanya mineral makeup, nggak jarang produk ini sering disebut produk makeup natural. Tapi sebenarnya apa sih mineral makeup itu? Dan apa bedanya dengan produk makeup yang biasanya? Yuk, kita bahas sama-sama.

Mineral MakeupImage Source: blog.bareminerals.com

Mineral Makeup

Sesuai namanya, produk mineral makeup itu kaya akan kandungan-kandungan mineral seperti iron oxide, talc, zinc oxide, dan titanium dioxide. Nah, bahan-bahan ini diproses hingga memiliki partikel kecil yang akhirnya dibuat menjadi produk kecantikan. Karena mineral ini diproses untuk jadi butiran yang halus, makanya terasa ringan saat dipakai. Karena kandungan utamanya memang dari bahan mineral, maka produk ini bebas dari bahan-bahan filler seperti emollient oil, wax, parfum, dan pengawet yang sering kita temukan pada produk makeup pada umumnya.

Baca juga: Parfum dalam Skincare dan Makeup

Jadi mineral makeup lebih aman untuk kulit sensitif?

Kalau dinilai dari bahan yang digunakan, iya, lebih aman digunakan bagi kulit sensitif. Karena mineral makeup, khususnya yang masih dalam bentuk bubuk/ loose powder bebas dari kandungan oil, parfum, pengawet dan bahan-bahan filler lainnya yang bisa menyumbat pori-pori dan mengiritasi. Makanya nggak heran, banyak orang yang merasa kondisi kulitnya membaik setelah menggunakan mineral makeup.

Kandungan zinc yang biasa ditemukan di mineral makeup bisa meredakan inflamasi pada wajah. Karena kandungannya yang simpel dan lembut di kulit, mineral makeup boleh digunakan untuk orang-orang yang baru melakukan treatment laser untuk menutupi kemerahan tanpa takut menimbulkan reaksi.

Namun, di balik kebaikan produk mineral makeup ada juga beberapa kekurangannya, di antaranya coverage yang diberikan cenderung sheer-light, nggak terlalu awet di wajah, dan kadang menimbulkan white cast ketika difoto menggunakan flash karena kandungan UV protection alami di dalamnya. Pastikan juga mineral makeup yang kamu gunakan nggak mengandung bismuth oxychloride. Walau tergolong aman, bahan ini punya struktur komponen yang mirip dengan arsenik, dan berpotensi menimbulkan iritasi kulit dan mata. Watch out for it!

But other than that, base makeup yang mengandung mineral rasanya wajib kamu coba, kalau selama ini kamu merasa foundation pada umumnya selalu bikin wajah kamu breakout atau beruntusan.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment