banner-detik

korean corner

Tips Glowing Skin Tanpa Makeup ala Korea

seo-img-article

Selain rajin eksfoliasi dan memakai sheet mask, apa lagi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan glowing skin?

Entah itu honey skin, cloudless skin atau glass skin, kulit yang glowing memang sudah menjadi standar kulit sehat di Korea. Glowing skin bisa dicapai dengan foundation atau highlighter yang tepat, tapi siapa sih yang nggak mau kulit yang naturally glowing bahkan setelah makeup-nya dihapus? 

Tergantung jenis kulitmu, ada banyak cara untuk mendapatkan glowing skin hanya dengan skincare, termaksud rajin eksfoliasi, sering sheet masking dan rutin double cleansing. Kulit saya termaksud tipe kombinasi, dan dapat berganti sesuai musim (oily kalau sedang musim panas atau sedang di Indonesia, dan kering/ sensitif saat musim dingin di Australia). But no matter what my skin type, berikut adalah tiga tips yang selalu bisa saya andalkan untuk mendapatkan glowing skin:

Kulit Glowing 2

Baca juga: Kulit Glowing, Pengganti Foundation?

1. Aturan Tiga Detik

Aturan “Three Seconds Moisturizing Rule” digunakan orang Korea untuk aplikasi skincare. Basically, aturan ini menyatakan bahwa kamu harus mengaplikasikan skincare langsung setelah mencuci wajah dalam tiga detik! Jadi setelah mandi dan cuci muka, harus langsung pakai toner atau moisturizer saat wajah masih dalam keadaan lembap. Kulit basah atau lembab dipercaya akan lebih reseptif terhadap bahan-bahan aktif, sehingga penyerapan skincare bisa lebih maksimal.

Setelah saya praktekkin untuk beberapa bulan, memang perubahan kecil ini bisa membuat kulit saya terasa lebih lembap dari biasanya, dan jadi nggak gampang dehidrasi. A little tip though, jangan merasa terlalu pressured dengan jangka waktu tiga detik ini, karena yang penting bukan waktunya, melainkan menggunakan skincare saat kulit masih lembap dan nggak sepenuhnya kering.

Baca juga: Anti Handuk Ala Skincare Korea

2. Pakai produk dengan propolis

Ada banyak skincare ingredients yang bisa memberikan kulit glowy, dan salah satu favorit saya adalah propolis! Menurut saya, propolis adalah kandungan skincare yang sangat flexible dan dapat digunakan setiap jenis kulit. Karena sifat antiseptik-nya yang bisa meredakan jerawat dan menenangkan inflamasi, propolis sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak dan acne prone. Selain itu, propolis juga memiliki fungsi regenerasi yang bisa menguatkan moisture barrier atau mengembalikan lapisan kulit yang rusak, sehingga cocok untuk kulit kering atau sensitif.

Propolis-untuk-jerawat-female-daily

Ada banyak produk skincare Korea dengan propolis yang bisa kamu coba, contohnya Skinfood Royal Honey Propolis Essence, COSRX Propolis Light Ampule, atau Lee Gee Ham Vita Propolis Ampoule.

3. Overnight Mask

Overnight mask atau sleeping mask dapat membantu proses regenerasi kulit pada malam hari, dan mengunci kelembaban kulit wajah. Apalagi untuk kamu yang sering bergadang atau kekurangan tidur, sleeping mask bisa membantu mencegah kulit kusam dan dehidrasi. Selain Laneige Water Sleeping Mask, saya juga suka dengan COSRX Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask disaat sedang jerawatan. Setelah memakai masker semalaman, keesokan harinya kulit pasti terasa lebih lembut dan glowy. Consider this a lazy girl hack!

Kalau kamu, ada tips lain untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing nggak? 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment