3 Sikap Pasien yang Bikin Kesal Dokter Kulit

Saya baru saja kenalan dan ngobrol seru dengan dr. Erlin Halim, owner sekaligus dokter kulit di Aesthetic Skin Club, Jakarta. Dia pun bercerita tentang pengalamannya selama 20 tahun lebih menangani pasien di beauty clinic ini.

Salah satu alasan saya dalam memilih Aesthetic Skin Club adalah karena kliniknya berdiri sejak 20 tahun yang lalu dan dr. Erlin Halim sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Adalah dr. Erlin Halim yang merupakan owner sekaligus dokter kulit di beauty clinic ini. Berlokasi di area perumahan, awalnya saya mengira tempat ini tidak terlalu besar. Ternyata, begitu kaki saya melangkah memasuki pintu depan klinik, saya langsung terpana melihat area lobby yang nyaman.

Aesthetic Skin Club Lobby Area

Aesthetic Skin Club Ruang Treatment

Aesthetic Skin Club dr erlin halimSuasana di dalamnya terasa sejuk, tertata cantik dan sayup-sayup terdengar suara lounge music. Tercium pula aromaterapi lemon grass. Semua ini mengingatkan saya pada suasana spa yang nyaman di Bangkok, Thailand dan ditawarkan kepada turis mancanegara sebagai salah satu tujuan wisata.

Tanpa membuang banyak waktu, saya pun langsung ngobrol dengan dr. Erlin Halim, yang super sibuk karena selain berpraktik di dua klinik miliknya di Kedoya dan Pondok Indah, ia juga praktik di Singapura. Selain itu, dr. Erlin Halim yang sangat terlihat menjaga penampilan ini, juga berprofesi sebagai ballroom dancer kelas dunia yang sudah memenangkan beragam kejuaraan dan penghargaan internasional!

Dr. Erlin Halim, perempuan yang cantik dan energik ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara dan juga pemegang Diploma Dermatologist National University of Singapore. Di usianya yang cukup senior, dokter kelahiran 10 Desember 1965 ini terlihat amat sangat merawat kulit wajahnya, sehingga tampak lebih muda dari usianya, lho! Kulit wajahnya sangat halus, mulus dan garis kerutan hanya sedikit terlihat.

Kebanyakan klien atau customer yang datang ke klinik ini, berusia berapa? Apakah problema kulit yang paling banyak dikeluhkan customer ketika ke beauty clinic ini? 

“Customer yang datang ke Aesthetic Skin Club rata-rata berusia 25 – 55 tahun.  Keluhan yang paling banyak dikonsultasikan adalah masalah pigmentasi dan jerawat. Untuk masalah pigmentasi pada kulit wajah, penyebab utamanya adalah karena terpapar sinar matahari. Untuk mengatasi problem kulit ini, saran saya adalah dilakukan peeling secara rutin yaitu 1 bulan sekali, minimal diulang selama 3 bulan berturut-turut. Dan tentu saja, setelah itu, jangan lupa untuk pakai sunscreen.

Sedangkan untuk problem kulit berjerawat, bisa terjadi karena berbagai sebab, mulai dari karena malas membersihkan wajah, alergi terhadap kosmetik, alergi terhadap bahan makanan tertentu, atau juga karena hormonal.”

Aesthetic Skin Club Konsultasi Dokter

Jenis perawatan apa saja yang akan Anda lakukan utk pasien berjerawat?

“Sebelum menangani pasien yang mengalami kulit berjerawat, tentu saja saya harus melihat dulu penyebab dan juga mengecek kondisi kulit pasien untuk mengetahui jenis jerawatnya. Penanganan pasien berjerawat pertama di lihat penyebab nya dan jenis jerawatnya.

Setelah itu terapinya tergantung kasus. Misalnya bagi yang mengalami acne vulgaris dengan inflamasi yang banyak, khususnya terjadi pada remaja, maka akan dilakukan peeling. Kemudian untuk yang mengalami acne light, bila perlu akan diberikan obat oral jenis isotretinoin.”

Treatment apa sih yang paling diminati oleh customer di sini? 

“Untuk perawatan wajah yang paling diminati adalah perawatan medi facial dan medi spa yang juga dikombinasi dengan oxygen therapy, radio frequency dan acne light. Untuk perawatan tubuh yang paling populer adalah treatment intense sculptor slimming kami yang sudah memakai mesin terbaru (4in1) – Multipular Radiofrequency, Ultrasound Cavitation, Low level Laser and LED.”

Aesthetic Skin Club Skin Analyzer

Apa sih kiatnya bisa membuat beauty clinic yang bertahan hingga 20 tahun? Bisa dijelaskan pula bagaimana tips manajemen para karyawan di beauty clinic supaya betah? 

“Rahasia klinik kami bisa bertahan hingga 20 tahun? Saya rasa ini karena pasien bisa melihat hasil pelayanan dan perawatan kami. Maka, mereka merasa puas dan balik lagi untuk maintenance atau perawatan rutin. Jadi menurut pengalaman saya, memberikan treatment yang tepat untuk mengatasi keluhan pasien pada kondisi kulitnya, jadi salah satu kunci keberhasilan mempertahankan usaha sebuah beauty clinic.

Selain itu, selalu memberikan service yang terbaik, tentu saja. Selain itu, menjaga komunikasi yang baik dengan team, juga membantu untuk mempertahankan teamwork dengan staf. Hubungan kami dengan setiap karyawaan juga sangat kekeluargaan.”

Apa sih 3 sikap customer yang sebenarnya kurang disukai oleh dokter ketika berkonsultasi / menjalani perawatan di clinic? 

“Wah, ini salah satu pertanyaan yang menarik. Benar nih, dalam praktik di lapangan, kadang kita  mengalami hal-hal yang kurang nyaman. Contohnya ketika saya sebagai dokter harus menghadapi sikap pasien, customer atau klien yang seperti ini:

  1. Pasien yang berpikiran ingin mendapatkan hasil secara instan atau tidak sabar. Banyak pasien yang ingin melihat hasil instan, keesokan harinya dalam 1-2 hari sudah langsung terlihat! Misalnya, pasien yang mengalami kasus jerawat, atau yang ingin langsing. Padahal untuk perawatan seperti ini, tentu saja dibutuhkan treatment lanjutan dan tentu saja pasien sendiri juga harus mengubah gaya hidupnya jadi lebih baik dan lebih sehat.
  2. Pasien yg berkonsultasi sambil sibuk bermain ponsel. Mereka jadi kurang menyimak saran atau penjelasan dari dokter. Akibatnya, ketika di rumah dan harus minum obat anti jerawat atau pantang makan sesuatu yang bisa memicu munculnya jerawat, tidak dilakukan karena kurang menyimak penjelasan dokter.
  1. Pasien yang kasar atau kurang sopan karena menyerobot antrian. Pergi berkonsultasi ke dokter kulit memang perlu waktu. Maka, diharapkan Anda sudah meluangkan waktu agar tidak terburu-buru saat ingin berkonsultasi dan menjalani perawatan.

Nah, semoga FD-ers nggak ada yang melakukan hal-hal di atas, ya! Untuk tahu seperti apa pengalaman saya melakukan perawatan di Aesthetic Skin Club, silakan baca di artikel berikut ini.