banner-detik

beauty school

Apakah Suplemen Kolagen Berpengaruh pada Kulit? Ini Kata Dokter Kulit!

seo-img-article

Suplemen kolagen seringkali menjanjikan kulit yang sehat dan mengatasi tanda-tanda penuaan. Yuk, kita cari tahu kebenarannya dari para dokter kulit. 

Beberapa tahun ke belakang, minuman ataupun suplemen kolagen semakin ramai di pasaran. Biasanya, suplemen kolagen ini dikemas dalam kotak siap minum atau yang berbentuk bubuk untuk dicampurkan ke susu atau minuman kita sehari-hari. Katanya, dengan mengonsumsi minuman atau suplemen kolagen, maka bisa boosting produksi kolagen dalam kulit, sehingga kulit bisa terlihat lebih kenyal dan lembap.

Baca juga: Kekurangan Kolagen di Usia 40-an? Ini Dia Tanda-Tanda yang Akan Terjadi!

Review-review mengenai minuman ini pun banyak banget di sosial media dan hasilnya pun positif karena kondisi kulit membaik setelah mengkonsumsi minuman ini secara rutin. Tapi, sebenarnya apakah suplemen kolagen ini beneran berpengaruh pada kulit? Jujur, saya penasaran banget dengan fenomena ini. Apakah betul, dengan konsumsi kolagen langsung bisa mengatasi tanda-tanda penuaan untuk kulit?

 

Sebenarnya, apa sih kolagen itu?

Kolagen adalah protein yang mengandung amino acid tinggi yang diproduksi tubuh secara alami. Fungsi kolagen pada tubuh adalah untuk menahan atau mengikat sel-sel pada tubuh. Kolagen bisa ditemukan di tulang, urat dan jaringan tubuh lainnya. Kalau pada kulit, kolagen terletak pada lapisan dermis yang membuat kulit terasa bouncy dan juga kencang. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada tubuh akan berkurang, sehingga pada usia-usia tertentu, kekencangan dan kekenyalan kulit berkurang.

Baca juga: Produksi Kolagen Berkurang di Usia 40-an, Coba 5 Makanan ini agar Kulit Tetap Awet Muda!

Karena permasalahan ini, banyak produk skincare hingga produk minuman yang menggunakan kata-kata kolagen untuk merangsang pertumbuhan kolagen pada tubuh secara alami. Tapi, apakah benar dengan mengonsumsi kolagen dalam bentuk pil atau cairan bisa mengatasi permasalahan ini? Untuk memastikan, saya pun memutuskan melempar pertanyaan ini ke dua dokter kulit favorit Female Daily, yaitu dr. Dewi Hasanah SpKK dan dr. Kevin Maharis. Berikut jawaban mereka:

seberapa penting suplemen kolagen

Seberapa berpengaruh suplemen kolagen tersebut ke kulit?

dr. Kevin Maharis:
“Nggak terlalu sih sebenarnya. Minuman yg mengandung kolagen itu kebanyakan isinya adalah amino acid atau building block untuk pembuatan protein di tubuh.”

dr. Dewi Hasanah:
“Kolagen itu adalah protein yang sebenarnya dibuat sendiri oleh tubuh kita. Pada konsumsi suplemen kolagen secara oral, kolagen tersebut akan dipecah menjadi asam amino supaya bisa diserap ke dalam saluran cerna. Di dalam tubuh, asam amino tersebut akan dirakit menjadi protein sesuai kebutuhan tubuh dan belum tentu protein ini berubah menjadi kolagen kembali. Jadi, konsumsi kolagen hanya menyuplai bahan baku kolagen, namun belum tentu seluruh bahan baku tersebut akan menjadi kolagen di kulit.”

Baca juga: Bantu Kulit Awet Muda dan Glowing dari Dalam, Ini 6 Minuman Kolagen Lokal yang Bisa Dicoba!

suplemen kolagen

Jadi, suplemen kolagen ini kurang memberi pengaruh yang signifikan ya, dok?

dr. Dewi Hasanah
“Dibandingkan minuman kolagen, lebih baik konsumsi vitamin C yang salah satu fungsinya adalah merangsang kulit kita untuk memproduksi kolagen lebih banyak. Tekadang, pada suplementasi kolagen, justru ditambahkan juga vitamin C di dalamnya yang berfungsi untuk mem-boost pembentukan kolagen di kulit kita. Intinya, kalau asupan protein kita cukup, nggak perlu lagi suplemen kolagen.”

Hasilnya, ternyata mengonsumsi minuman yang mengandung kolagen nggak bisa 100% diandalkan untuk boosting produksi kolagen di kulit. Untuk lebih efektif menjaga dan merangsang pertumbuhan kolagen, bisa dengan menggunakan skincare dengan kandungan vitamin C di dalamnya, mengatur pola makan yang lebih sehat, dan tentunya dengan menggunakan sunscreen secara rutin, agar kolagen yang ada pada kulit kita nggak rusak karena paparan sinar UVA dan UVB.

suplemen kolagen untuk tubuh

Jadi, apakah minuman kolagen ini nggak bermanfaat? Sepertinya, belum 100% terbukti ya kalau untuk kulit. Walau memang ada beberapa orang yang merasa kulitnya jadi lebih bagus setelah rutin mengonsumsi kolagen, tapi ada juga yang merasa biasa saja dengan khasiat dari minuman kolagen.

Seperti penjelasan dari dr. Dewi Hasanah, minuman kolagen yang kita konsumsi memang bisa memberikan protein yang dibutuhkan untuk bagian tubuh lainnya, hanya saja nggak 100% hanya untuk kulit tubuh dan menambah jumlah kolagen pada kulit. Dari beberapa jurnal yang saya baca juga, suplemen kolagen ini justru bisa memberikan manfaat yang baik untuk persendian kita. Jadi, sebenarnya bukan tidak ada manfaatnya sama sekali, kok.

Kalau menurut pendapat kamu gimana? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment