banner-detik

skin care

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Kulit Kemerahan

seo-img-article

Redakan kulit kemerahan dengan tiga kandungan ini!

Sering ngalamin kulit kemerahan? Bingung asalnya dari mana? Sebenarnya penyebap kulit kemerahan itu banyak banget, ada yang karena terlalu sering ekfoliasi, atau terlalu banyak mencoba skincare baru tanpa diberikan jeda waktu terlebih dahulu, yang akhirnya menyebabkan kulit jadi mudah iritasi yang berujung pada timbulnya bercak merah pada wajah. Selain dari kesalahan penggunaan skincare atau perawatan kulit, kemerahan juga bisa disebabkan karena permasalahan kulit seperti rosacea atau eksema.

Memang sih, kalau sekedar kemerahan pada wajah bisa diatasi dengan menggunakan foundation atau pun concealer. Tapi kalau permasalahan iritasi atau inflamasi ini nggak ditangani dengan benar, nantinya malah akan timbul permasalahan kulit yang lebih parah, misalnya jerawat, kulit mengelupas atau kering.

mengatasi-kemerahan-kulit-2

Untuk mengatasi kulit kemerahan ini sebenarnya cukup mudah kok. Yang kamu perlukan adalah kandungan skincare yang sifatnya calming atau shooting, misalnya dengan menggunakan kandungan skincare kaya akan hyaluronic acid atau aloe vera di dalamnya. Sedangkan, kandungan yang harus kamu hindari adalah fragrance dalam makeup atau pun skincare, essential oil, alkohol, khususnya untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit rosacea dan eksema.

Berikut tiga kandungan yang skincare yang bisa membantu kulit kemerahan:

Madecassoside

Salah satu kandungan yang lagi populer juga dirangkaian skincare Korea. Sebenarnya Madecassoside ini bisa ditemukan di dalam centella asiatica. Seperti yang kita tahu centella asiatica adalah satu bahan yang fungsinya untuk  meredakan iritasi, dan jerawat yang sedang meradang pada kulit. Nah, madecassoside adalah salah satu dari empat komposisi utama yang berasal dari cantella asiatica. Bila madecassoside digunakan sendiri bisa, berfungsi sebagai antioksidan, membantu meningkatkan kualitas lapisan kulit dan juga membantu untuk meredakan inflamasi.

Ceramide

Secara alami kulit kita sudah memproduksi ceramide. Fungsi ceramide pada kulit adalah untuk melindungi lapisan kulit teratas untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. Sedangkan ceramide yang terdapat pada skincare bergungsi untuk mengembalikan lipid alami kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari, over exfoliation atau menggunakan produk yang membuat kulit menjadi kering. Karena fungsi utamanya utnuk mengembalikan kelembapan pada lapisan kulit luar, ceramide adalah salah satu kandungan yang dapat meredakan kemerahan pada kulit dan bagus digunakan untuk permasalahan kulit eksema.

Licorice Extract

Licorice adalah tanaman yang rasanya manis dan sering dijadikan sebagai perasa tambahan pada makanan. Ternyata ketika diekstrak, licorice memiliki banyak manfaat baik untuk kulit tubuh, nggak heran kalau sekarang makin banyak produk skincare yang menggunakan bahan ini di dalamnya. Licorice extract bagus untuk mengatasi permasalahan kulit seperti rocasea, eksema dan psoraisis. Ternyata tanaman ini memiliki anti-inflammatory yang cukup tinggi, sehingga bisa melindungi kulit dari infeksi dan dari bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit dan meredakan kemerahan pada kulit.

Intinya, saat kamu ingin mengatasi permasalahan kulit kemerahan, cari produk-produk dan bahan skincare yang fungsinya menenangkan kulit. Kalau bisa, hindari menggunakan skincare dengan kandungan parfum dan alkohol yang terlalu tinggi, karena bisa memperparah kemerahan pada wajah. Dan kalau bisa kurangi menggunakan physical exfoliator dan ganti dengan menggunakan chemical exfoliator yang lebih gentle.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment