banner-detik

face wash cleanser

Facial Soap Bar Kembali Jadi Tren?

seo-img-article

Makin banyak brand skincare, khususnya dari Korea yang merilis facial soap bar. Apakah produk pembersih wajah ini akan kembali jadi tren?

Dulu, soap bar banyak ditinggalkan karena banyak yang bikin kulit kering. Salah satu produk facial soap bar asal Korea pertama yang populer adalah April Skin Magic Stone, yang katanya bisa menghapus full makeup menjadi bersih total layaknya kita double cleansing. Jadi apa sih sebenarnya yang membuat facial bar soap sekarang kembali menjadi tren?

Alasan soap bar dinilai bikin kulit kering adalah karena pH balance-nya yang cukup tinggi yaitu di angka 9, di mana pH balance kulit kita sendiri ada di angka 4 – 4,5. Dengan menggunakan facial bar soap secara rutin, maka bisa menghilangkan minyak alami pada wajah yang berujung pada wajah menjadi terasa kencang, kering dan juga mudah iritasi. Belum lagi, di dalamnya ditambahkan SLS, parfum dan juga pewarna. Makanya lima tahun terakhir popularitas soap bar menurun drastis, dan digantikan oleh liquid soap.

Facial Soap Bar Kembali Jadi Tren?-2

Nah, tapi untuk sabun cuci wajah dengan bentuk batangan yang sekarang lagi banyak beredar, misalnya Klairs Gentle Black Black Sugar Charcoal Soap, Drunk Elephant Juju Facial Bar Soap, dan Herbivore Facial Bar Soap yang udah nggak lagi menggunakan bahan-bahan keras yang bisa bikin kulit kering. Bahan yang digunakan sudah lebih gentle untuk kulit, pH level sudah disesuaikan dengan kulit kita, dan banyak mengandung bahan-bahan yang fungsinya untuk melembapkan kulit seperti glycerin dan essential oils.

Selain menggunakan glycerin untuk melembapkan, banyak juga sabun-sabun batangan ini yang menggunakan olive oil, madu, oat meal, clay dan juga charcoal untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah. Karena kandungannya sudah jauh lebih baik, nggak heran kalau sekarang makin banyak yang beralih menggunakan facial soap bar, ketimbang gel atau liquid facial wash. Ditambah lagi, harga facial bar soap ini tergolong murah yaitu mulai dari Rp60.000,- Rp200.000,-, tergantung brand apa yang kamu beli.

Dengan kandungan yang lebih mild untuk wajah, sekarang facial soap bar pun nggak terbatas bisa digunakan untuk jenis kulit yang berminyak saja. Yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif pun sekarang sudah bisa mencobanya. Dan kalau saya cek di Beauty Review Female Daily, ternyata banyak yang kulitnya jauh lebih sehat setelah menggunakan facial bar soap.

Contohnya penggunaan dua facial bar ini:

JF Sulfur Blemish Care Transparent Soap

Sebamed Clear Face Cleansing Bar

“The first aid soap for my acnes! Waktu breakout gara-gara lepas obat dokter, sabun ini jadi penyelamatku. Meredakan jerawat-jerawat aku dr size large, medium, small dan segala sodara-sodara bruntusannya. Aku pake ini di barengin sama sebamed clear gel sebagai moisturizer. Tapi ada catatan, harus SABAR (hahaha). Pros-nya dr sabun ini tuh setelah pemakaian rasanya kulit jadi bersih dan nggak over dry, (note: this soap are free-fragrance & free-sulphate, so aman-aman aja buat kulit yang jerawat and sensitif). Cons-nya adalah dari packaging yang berupa bar, jadi susah buat dibawa travel (riweuh) dan harganya cukup mahal untuk sabun batang. So far aku cocok, so I recommend to try this!” – 

Jadi, nggak heran kalau sekarang perlahan-laham banyak brand skincare yang mempopulerkan kembali facial bar soap ini. Karena dengan formula yang jauh lebih aman untuk kulit, ternyata facial bar soap ampuh juga untuk mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat, minyak berlebih dan bisa membantu mencerahkan kulit. Nah, kalau kamu sendiri gimana? Mulai pindah haluan ke facial bar soap, atau tetap ingin menggunakan gel atau liquid facial wash saja?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment