banner-detik

diy

3 Hacks Obat Jerawat yang Berbahaya

seo-img-article

Berikut adalah 3 obat jerawat darurat paling populer, tapi bahaya untuk kulit!

Bahan-bahan dapur memang menarik banget digunakan untuk perawatan wajah. Sayangnya nggak semua bahan-bahan dapur ini aman digunakan untuk kulit. Berikut beberapa skincare hacks yang harus kamu stop gunakan!

Baking-Soda-and-Lemon-Peel

Image Sourge : thestirwaytoheaven

Lemon

Hayo, siapa yang suka menggunakan lemon untuk mencerahkan atau mengeringkan jerawat? Iya, memang lemon bisa efektif untuk kedua hal ini, tapi efek jangka panjang menggunakan hacks ini malah bisa merusak kulit kamu. Biasanya lemon digunakan untuk mengempeskan jerawat dan juga mencerahkan beberapa bagian tubuh. Sayangnya, pH level lemon berada di angka 2, yang artinya terlalu asam untuk pH kulit kita yang biasanya ada di 4.5 – 5.5 pH. Dengan menggunakan lemon pada kulit wajah, ini akan mengganggu pH balance pada kulit yang berujung pada kulit iritasi, kering, kemerahan, dan bila terpapar sinar matahari secara langsung kulit bisa mudah terbakar.

Baca juga: 3 Bahan DIY Skincare yang Harus Dihindari

Baking Soda

Bahan dapur kedua yang paling populer untuk mengatasi jerawat. Katanya dengan menggunakan baking soda, jerawat akan langsung kering dan kempes! Sayangnya, dengan menggunakan baking soda secara terus menerus, bisa merusak lapisan kulit kalian. Kenapa? Karena, baking soda memiliki pH level yang tinggi yaitu 9 yang sudah masuk kategori basa. Dengan menggunakan baking soda secara rutin, dapat merusak  skin barrier yang fungsinya menjaga kelembapan kulit, merusak bakteri baik pada kulit yang berfungsi untuk mencegah jerawat dan infeksi.

Pasta Gigi

Di dalam pasta gigi banyak kandungan yang bisa mengangkat kelembapan pada kulit. Makanya banyak yang menggunakan pasta gigi untuk mengeringkan jerawat yang sedang meradang. Sayangnya nggak hanya mengeringkan jerawat, dengan menggunakan pasta gigi malah bisa bikin kulit sekitar jerawat ikutan kering, dan memicu permasalahan kulit lain, seperti kulit iritasi, kemerahan atau gatal.

Jadi, masih mau menggunakan bahan-bahan ini untuk mengatasi permasalahan jerawat? Harusnya nggak ya?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment