Inside FDHQ: Dari Magang jadi Karyawan Tetap di Female Daily

Dari magang, kamu bisa lho jadi pegawai tetap di Female Daily. Mau tahu caranya? Nih, tips dari mantan anak magang FD tahun lalu.

Inget banget dulu waktu masih di bangku SMA dan kuliah, saya selalu diwanti-wanti guru saya untuk serius memilih tempat magang. Karena dari magang ini, kamu bisa langsung diminta menjadi pegawai tetap di kantor idaman, dengan posisi yang kamu pingin juga. Contohnya saya, salah satu mantan anak magang di tim editorial Female Daily, dan lanjut menjadi tim editorial sampai sekarang ini.

Lalu apa aja sih bedanya ketika magang dan sekarang sudah menjadi karyawan tetap Female Daily? Dan yang terpenting, gimana sih caranya bisa sampai gabung menjadi tim? Yuk, kita tanya dua mantan anak magang Female Daily, Kristi Theresia (Account Executive) dan Khansa (Content Administrator).

kerja-di-female-daily-2

Waktu magang di FD, kalian ada di posisi apa?

Kristi
” Waktu itu aku bantuin client service mengerjakan campaign, mencari KOL dan bantuin bikin report.”
Khansa
” Aku di dua divisi yang berbeda, yaitu editorial dan community.”

Ceritain dong kesan-kesan kalian saat magang, dan apa yang kalian pelajari?

Kristi 
“Waktu itu aku seneng bisa magang di FD, karena liat dari vlog-nya Kak Dara tentang kantor. Pas diterima sama Ci Nopai langsung girang hahaha. Aku seneng banget di team sales, karena pekerjaan ini emang pressure banget karena harus berhubungan dengan dua pihak. Team sales emang saling membantu banget, jadi aku merasa terbantu dan belajar banyak.”
Khansa
“Kalo sebagai editorial udah pasti nulis artikel setiap minggunya, beberapa kali juga dikasih kesempatan untuk liputan. Sedangkan di posisi community, aku  bantu-bantu untuk bikin brand dan product description untuk Female Daily Beauty Review. Kesan waktu magang di FD, yaitu banyak belajar! Karena emang dari awalnya tertarik sama dunia beauty, jadi banyak tau gimana rasanya kalo kerja di industri beauty, plus kakak-kakak di FD juga welcome banget jadi ngerasa fun aja selama magang di FD.”
kerja-di-female-daily-3

Tips bagi yang tertarik magang di FD?

Kristi 

” Tipsnya adalah berusaha sebaik mungkin dalam mengerjakan pekerjaan kalian, jangan pernah takut salah, belajarlah dari kesalahan itu, dan remind yourself to be a better individual each day!”

Khansa
“Banyak nanya! Hahaha, maksudnya kalau memang ada yang belum dimengerti, jangan ragu/takut buat nanya, jangan sampe jadi bikin kesalahan fatal gara-gara takut nanya.”

Bedanya magang dan jadi keryawan tetap di FD?

Kristi 
“Bedanya tentu di salary! Hahaha. Tapi aku jadi semakin merasa dekat aja dengan team aku, karena dulu kan pas magang masih agak canggung-canggung.”Khansa
“Yang pasti tanggung jawabnya beda ya. Terus jadi lebih banyak tau tentang cara kerja dan ‘di balik layar’ nya FD pas jadi full time.”
Kalau tadi pengalaman Kristi dan Khansa dari anak magang ke pegawai tetap, sekarang kita cari tahu apa sih syaratnya sampai bisa diangkat ke tim FD? Langsung kita tanya ke, Novita Imelda A.K.A Nopai, Operational Director Female Daily:

Apa yang menjadi pertimbangan menerima anak magang menjadi FDN team?

“Pertimbangannya banyak sebenernya, tapi ada beberapa yang cukup penting:

Beauty enthusiast — namanya juga bakal kerja di FD ya, tentunya perlu banget orang yang emang passionate tentang beauty.

Tidak pasif — mungkin memang kadang jadi Intern serba salah ya, kayak anak bawang gitu, tapi kalau diemmmm aja, akan dianggap nggak punya inisiatif. Nah tapi aktif versi FD itu macem-macem bentuknya, misalnya: rajin post atau review produk di App-nya FD, ikut post campaign-campaign FD di social media. Secara nggak langsung ini nunjukin ownership! 

Can-do attitude. Jadi ketimbang selalu bilang nggak bisa, tapi selalu mau coba dan siap menerima tantangan baru.

Eager to learn,  sebenernya kalo poin di atas terpenuhi, biasanya sih poin ini otomatis deh terpenuhi.

Selalu datang tepat waktu dan tidak sering bolos (ijin), kecuali memang sudah disepakati. Hal ini nunjukin gimana work ethic-nya kalau kerja nanti.

Yang lainnya mungkin juga masalah timing ya, kadang memang lagi enggak ada posisi yang pas untuk intern yang siap kerja jadi FD Crew dan juga sebaliknya. Tapi kalau memang intern-nya ok banget, posisi itu selalu ada kok :)”

 

Nah, kalau untuk Kristi dan Khansa, kebetulan mereka nggak langsung melanjutkan dari magang ke karyawan tetap. Jadi selesai  magang dan  kuliah, kemudian mereka apply lagi saat ada pengumuman lowongan di Instagram Female Daily. Karena mereka sudah pernah magang, maka prosesnya jadi lebih mudah dan cepat karena memang “sudah kenal”, dan yang jadi pertimbangan adalah gimana performanya selama magang kemarin, dan feedback dari Tim Female Daily lainnya, yang juga menjadi pertimbangan kita.

Intinya, bagi pembaca FD yang masih kuliah, we really encourage you to join internship program, karena akan sangat mempermudah kesempatan kamu di dunia kerja!