banner-detik

backstage beauty

Micellar Water Bisa Memicu Kanker?

seo-img-article

Salah satu kandungan yang ada di micellar water diduga bisa memicu sel kanker pada tubuh. Benarkan Polyaminopropyl Biguanide dalam micellar water berbahaya?

Sudah lihat postingan ini di Instagram atau di Twitter?

Micellar Water Bisa Memicu Kanker?

Dalam postingan tersebut @heavenleeMD mengatakan, kalau micellar water bisa memicu sel kanker pada tubuh kita. Hal ini dikarenakan pada produk micellar water terdapat satu kandungan yang disebut Polyaminopropyl Biguanidebahan pengawet dan anti-bakteri sintetis yang biasanya digunakan dalam produk perawatan tubuh.

Banyak yang mengatakan bahwa produk selfcare yang mengandung Polyaminopropyl Biguanide, di-banned di Eropa. Tapi pada kenyataannya di Eropa bahan ini nggak di-banned sama sekali, sama seperti di bagian negara lain seperti Amerika dan Indonesia. Karena belum ada penelitian yang pasti mengatakan bahan ini memicu kanker.

Selain micellar water, pelembap, produk-produk yang dikemas dalam bentuk spray, pembersih softlens, bahkan  pembersih luka, juga mengandung bahan ini.

Micellar Water Bisa Memicu Kanker?-2

Dari sebuah jurnal yang saya baca yaitu cir-safety.org, Polyaminopropyl Biguanide bukanlah bahan ilegal yang dapat berakibat buruk bagi tubuh kita. Setelah diteliti lagi oleh Association of Danish Cosmetics, Toiletries, Soap and Detergent Industries (SPT), mereka tidak menemukan kalau bahan ini bisa menyebabkan kanker, selama penggunaannya masih dibatasi. Polyaminopropyl Biguanide masih aman bila digunakan dalam takaran di bawah 0.5% untuk produk leave-on dan rinse-off. Dan masih aman digunakan pada produk kosmetik dengan takaran maksimal 0.3%. Dua rules ini berlaku untuk di negara Amerika dan Indonesia. Dan untuk  Eropa sendiri takaran yang dibatasi adalah 0.1%, data ini saya dapatkan dari ec.europa.eu.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Micellar Water

Produk skincare yang paling ter-highlight karena isu ini adalah Garnier Micellar Water karena di dalamnya terdapat kandungan Polyaminopropyl Biguanide. Supaya kalian merasa aman, saya pun memutuskan untuk menghubungi pihak Garnier Indonesia perihal ini, dan berikut statment  yang diberikan:

PHMB (Polyhexamethylene Biguanide Hydrochloride) adalah bahan pengawet yang berguna melindungi formula produk kosmetik tertentu, khususnya yang berbentuk cairan seperti Micellar Water. Kadar PHMB yang digunakan Garnier Micellar jauh di bawah kadar yang ditentukan BPOM, sehingga produk ini sangat aman untuk digunakan.”

Micellar Water Bisa Memicu Kanker?-3

Bisa ditarik kesimpulannya, produk kecantikan yang memiliki kandungan Polyhexamethylene Biguanide tidak berbahaya untuk tubuh, selama kadar penggunaannya sesuai dengan ketentuannya yaitu di bawah 0.3%. Jadi nggak perlu lagi kita takut menggunakan produk skincare dengan kandungan ini, karena memang belum ada riset yang mengatakan bahwa Polyhexamethylene Biguanide bahaya untuk kulit atau pemicu kanker.

Gimana sih kita tahunya besar atau kecilnya sebuah kandungan pada produk? Caranya dengan membaca ingredients list pada kemasan. Biasanya bahan yang ada pada urutan pertama memiliki konsentrasi yang lebih besar, dan paling bawah adalah yang paling sedikit. Sedangkan Polyhexamethylene Biguanide untuk Garnier Micellar Water  berada pada baris list terakhir.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment