banner-detik

skin care

Jus Sayur Pembasmi Masalah Kulit yang Lagi Tren

seo-img-article

Ada banyak kisah sukses jerawat yang sembuh berkat healthy eating. Rutin minum jus sayur juga salah satu metode skin detox yang lagi naik daun saat ini.

Lho, tapi ngejus kan bukan suatu hal yang baru? Yes, begitu juga dengan workout, healthy eating, dan pola hidup sehat lainnya 😀 Tapi berhubung wellness memang lagi jadi tren, nggak heran kalau minum jus sayur menjadi opsi membersihkan kulit dari dalam tubuh yang populer. Jus sayur yang dibahas di sini juga nggak sembarang jus sayur, tapi melainkan jus seledri murni.

Seledri sendiri sudah banyak digunakan sebagai campuran green juice karena fungsi anti-inflamasinya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut Anak Agung Sagung Indriani Oka, RD, M.Gz, ahli nutrisi dari SEAMEO Centre Indonesia, kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada pada seledri juga memiliki antioksidan tinggi yang bisa membantu kesehatan kulit, mulai dari meratakan warna kulit hingga melindungi dari radikal bebas.

2a39cee040d263e48ebc538dca89e5fbPhoto

Dua komponen utama seledri, vitamin A dan vitamin C, punya perannya masing-masing dalam memperbaiki kulit. Vitamin A adalah nutrisi yang bagus untuk regenerasi sel (karena itulah vitamin A juga bagus digunakan secara topikal untuk acne treatment) sedangkan vitamin C-nya membantu meningkatkan produksi kolagen. Kandungan mineral potassium-nya yang tinggi juga bagus untuk kulit berjerawat karena salah satu faktor penyebab jerawat adalah kurangnya potassium.

Mengonsumsi seledri juga ada hubungannya dengan kesehatan saluran cerna yang ternyata dampaknya besar sekali pada kesehatan kulit. Minum jus seledri setiap hari ada hubungannya dengan saluran cerna tersebut, karena jus seledri murni memiliki fungsi alkalin tinggi yang bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Dengan ini, mengonsumsi jus seledri murni di pagi hari dalam perut kosong bisa membantu sistem pencernaan lebih lancar dan makanan juga tercerna dengan baik.

Selain mendetoks tubuh dari dalam, jus seledri juga bisa digunakan untuk menjaga fluktuasi hormon yang membuat jerawat PMS semakin parah. Mengonsumsi jus seledri, menurut Indri, beberapa hari sebelum tanggal menstruasi bisa mengurangi inflamasi yang menyebabkan kram dan juga cystic acne yang bengkak. Bahkan kita bisa menggunakan “toner” dari seledri dengan cara mencincang kasar batangnya, lalu direndam di air panas, dan air rendamannya bisa digunakan untuk mengontrol produksi minyak di wajah.

Ada yang sudah rutin minum jus seledri juga? Atau kamu lebih prefer membuat DIY toner dengan cara di atas tadi? 😀

Lihat juga: Body Goals: Tips Bentuk Badan ala Jennifer Bachdim

Slow Down

Please wait a moment to post another comment