Manfaat Propolis Untuk Kulit Wajah

Nggak hanya bagus untuk dikonsumsi, propolis juga bagus dipakai secara topikal utnuk melembapkan dan mengatasi permasalahan jerawat. 

Madu bisa dibilang superfood yang kaya akan antioksidan, sehingga bisa meredakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada tubuh. Nggak jarang juga sekarang madu dimasukkan dalam kandungan skincare untuk mengatasi permasalah kulit, mulai dari  yang jenisnya masker, serum, pelembap dan masih banyak lagi.

Madu sendiri memiliki jenis yang berbeda, ada madu biasa yang dihasilkan oleh para lebah, madu manuka yang dihasilkan dari bunga manuka dan ada juga satu lagi madu yang disebut propolis. Nah, propolis sendiri adalah madu dengan harga yang paling mahal, karena memiliki manfaat yang lebih bagus lagi untuk tubuh dan kulit.

Karena punya banyak manfaat baik untuk kulit, sekarang banyak brand skincare, khususnya brand Korea, yang menggunakan propolis sebagai bahan utamanya. Sebenarnya, apa sih kehebatan dari propolis ini? Kenapa bisa sampai populer seperti sekarang?

Baca Juga: D.I.Y Madu Sebagai Sleeping Mask

Propolis-untuk-jerawat-female-daily-3Apa itu Propolis?

Propolis adalah adalah lem lebah yang fungsinya untuk merekatkan dan melindungi rumah lebah dari hujan, angin dan juga polusi. Biasanya di dalam propolis ini terdapat percampuan antara beeswax, liur lebah, dan beberapa kandungan botanical lainnya. Jadi fungsi propolis pada dasarnya adalah sebagai lapisan yang melindungi madu dari radikal bebas.

Baca Juga: Manfaat Madu Manuka

Apa saja manfaatnya?

Dalam propolis terdapat anti-inflammatory, anti-bacteria, anti fungal dan anti-viral. Makanya propolis selalu menjadi andalan ketika badan mulai terasa nggak enak, karena bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Lalu gimana dengan fungsinya untuk kulit?

Propolis sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat atau acne prone, karena pada dasarnya propolis adalah antiseptik, yang bisa meredakan jerawat meradang atau kulit iritasi karena bakteri dan juga kotoran. Selain itu propolis juga memiliki fungsi regenerasi dan healing properties yang artinya bisa membantu untuk menguatkan dan mengembalikan lapisan kulit yang rusak akibat jerawat tadi.

Propolis-untuk-jerawat-female-daily

 

Apa saja sih, produknya?

Beda dengan madu manuka, propolis baru populer di brand-brand Korea saja, dan biasanya skincare ini dikemas dalam bentuk ampoule, karena biasanya memiliki kandungan yang lebih tinggi dibandingkan serum pada umumnya. Contohnya dalam satu botol Leejiham Vita Propolis Ampoule terdapat 50% kandungan propolis di dalamnya. Dari sekian banyaknya produk skincare dengan kandungan propolis di dalamnya ada empat produk yang paling popular, diantaranya adalah Leejiham Vita Propolis Ampoule, The Skin Food Royal Honey Propolis Essence, Tosowoong Propolis Sparkle Ampoule, dan juga COSRX Propolis Light Ampoule.

Kalau kalian sendiri gimana? Memang sudah menggunakan skincare dengan kandungan propolis di dalamnya? Atau justru menggunakan pure propolis sebagai spot treatment?