banner-detik

korean corner

Belanja Skincare Korea Lebih Mahal Lewat Jastip!

seo-img-article

Mau liburan ke Korea dan kepikiran mau borong produk skincare dan makeup di sana? Ternyata mendingan beli di online shop, lho.

Secara logika, beli produk makeup yang diproduksi di negara aslinya harganya lebih murah dibandingkan beli di Indonesia. Makanya kalau lagi berkunjung ke satu negara, misalnya Jepang, Korea atau pun Amerika pasti kita nabung mati-matian untuk belanja di sana karena harga pastinya murah. Tapi ternyata kalau belanja produk makeup atau skincare di Korea malah harganya jatuhnya lebih mahal ketimbang kita beli di online shop Indonesia lho.

Kenapa saya bilang gitu? Ini pengalaman saya nitip produk makeup dan skincare sama beberapa teman yang lagi liburan ke Korea. Terakhir, saya nitip Klairs Midnight Blue Cream ke Video Producer FD, Gyanda, yang lagi liburan ke Korea beberapa bulan lalu. Ketika barang sampai dan cek-cek harga dengan online shop yang ada di Jakarta, ternyata produk ini harganya jauh lebih murah ketimbang beli di Korea. Padahal online shop yang saya cek adalah online shop trusted yang 100% menjual produk-produk Korea asli.

Belanja Skincare Korea Lebih Mahal Lewat Jastip!

Penasaran dengan selisih harga yang lumayan jauh, Gyanda pun kemarin sempat sharing di Instastory-nya mengenai perbedaan harga beli makeup di Korea dan di online shop di sini. Setelah melempar pertanyaan di Instagram story, ada insight yang kami dapatkan.

– Online seller bisa menjual harga jauh lebih murah karena produk yang diambil langsung dari brand, di mana mereka mendapatkan harga di bawah harga jual retail karena mengambil dalam jumlah besar.Dengan perjanjian seharusnya harga yang dijual nggak dibawah harga counter.

Dan untuk tahu lebih dalam mengenai fakta ini, saya pun memutuskan untuk interview salah satu seller skincare Korea, yaitu Bening Bersinar. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Shopping Directory Korea Selatan

Belanja Makeup Korea mending di OS dibanding ke Korea sendiri-3

Kamu kan cukup lama nih sebagai seller skincare dari Korea, mau tanya dong apa sih yang bikin produk Korea lebih murah beli di online shop

“Karena kalau beli di Korea kan langsung ke counter ya, which is setiap brand butuh mengeluarkan dana lebih untuk sewa toko, dan juga BA yang artinya ada biaya tambahan. Tapi sebenarnya kalau belanja di sana kamu bisa dapat free 27 sheet mask, dan deluxe sampel, walaupun sekarang di Korea pun mereka mulai mengurangi ‘free sampling‘ karena ketahuan banyak yang menjual barang sampel yang berakhir pada penurunan sales.”

Baca Juga : 5 Rekomendasi Online Shop Skincare Korea

Oh gitu, berarti kalau kaya kamu, ambilnya dari…?

“Biasanya ambil dari distributornya langsung  atau importir resmi di sini, jadi harganya pun murah karena beli ratusan hingga ribuan botol. Tapi itu hanya berlaku untuk brand mass, seperti Innisfree, Laneige, Etude Hause, dan yang lainnya. Misalnya satu essence Inissfree di toko seharga Rp580.000,- sementara di online shop bisa Rp320.000,-. Sayangnya kalau “indie” brands nggak bisa kasih diskon besar juga. Karena mereka produksinya juga terbatas. Gerai semacam Olive Young gitu cuma kasih tempat terbatas buat mereka. Jadi mereka justru jarang keluar semua produknya di department store besar-besar, dan lebih pilih online sales. Kalau kita dari luar Korea mau ambil, terms-nya juga nggak terlalu flexible karena brand kecil.”

Nggak heran ternyata banyak online shop yang bisa menjual produk Korea lebih murah ketimbang di toko aslinya. Karena memang ada kerjasama antara seller, distributor dan juga brand soal harganya. Lalu apakah sekarang harus beli apapun dari online shop aja? Jadi pas ke Korea kita nggak perlu borong banyak produk Korea? Kalau saya lagi di Korea pasti nggak terlalu perduli dengan harganya, karena yang saya inginkan adalah pengalaman belanja produk-produk di tempat aslinya. Ya, mahal sedikit nggak masalah, karena toh, kalau belanja banyak pasti saya juga mendapatkan bonus yang berlimpah :).

Kalau kalian sendiri gimana? Mending belanja di online shop sini atau borong sendiri langsung pas lagi liburan ke Korea?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment