banner-detik

fitnfab

#FitnFab: Olahraga Barre ala Ballerina untuk Membentuk Tubuh

seo-img-article

Nggak terlalu suka olahraga “keras” seperti Strong By Zumba atau Muay Thai? Join di kelas barre bisa menjadi salah satu pilihan workout kamu.

Memasuki bulan keempat olahraga di Alder Fitness Boutique, satu kelas yang hampir rutin saya ikuti setiap minggu adalah kelas barre burn yang dipandu oleh Marcya Nasution. Sebelum ikutan, saya sudah di-brief dengan teman-teman yang sudah lebih dulu ikutan, “Gerakannya pedes banget, Dar, tapi nagih!” Setelah beberapa kali mengikuti kelas yang kalau di Instagram fotonya terlihat cantik banget ini (ballet poses and all!), confirmed, memang kelasnya bikin nagih!

Jadi, apa itu barre dan seperti apa gerakan-gerakannya? Berikut obrolan saya dengan sang pelatih langsung, Marcya!

#FitnFab- Olahraga Barre ala Ballerina untuk Membentuk Tubuh 2

1. Barre adalah…

“Basic dari barre adalah pilates, kemudian dikombinasikan dengan ballet conditioning dan strength training, dan juga yoga, barre is mostly about posture and core work, balancing grace and strength at the same time. Barre is a low risk exercise, jadi aman untuk dilakukan oleh mereka yang belum terbiasa olahraga. Namun biasanya instruktur akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk tahu kondisi fisik masing-masing orang karena pastinya berbeda-beda. This is so we can give options and adjustments per your condition and you can do the exercise safely and efficiently.”

2. Bagaimana awal mulanya tertarik mengajar kelas barre?

“Saya memilih olahraga yang bisa dilakukan dalam jangka panjang, safe enough for you to do in your older days also pre and post-natal time. Sebelum mencoba barre, saya rutin yoga, pilates, dan renang. I like a low risk exercises focusing on the muscles, posture and mobility, jadi pada saat coba barre dan menemukan ketiganya di barre, I am hooked. Plus, barre combines strength and poise, its an additional reason for me to fall in love with.”

3. Apa goal yang bisa dicapai dalam mengikuti kelas barre secara rutin?

“Dua fungsi utama barre adalah memperbaiki postur dan melatih otot-otot kecil yang jarang digunakan. Apakah bisa membentuk badan? Yes, because if you work on your muscle progressively will add a muscle mass creating a visible muscle shapes. Prinsip ini tidak hanya berlaku dalam barre, jadi saya menganjurkan untuk mengkombinasikannya dengan ragam olahraga lain.

Apakah barre bisa menurunkan berat badan? Doing exercise alone won’t do the weight loss, justru pola makan-lah yang menjadi faktor signifikan dalam penurunan berat badan, yang diimbangi dengan olahraga (strength training + cardio).”

4. Apa tantangan terberat dari melakukan gerakan-gerakan “pedas” di kelas barre? 😀

“Pada saat barre kita menggunakan otot-otot yang jarang dipakai, karena tidak biasa dipakai jadi terasa sulit. Plus you need to hold the pose, isolate some parts of the body/muscle while working on the others, so barre is the art of balance. Tidak ada yang sulit kok, practice makes perfect.

Di kelas barre tone, kita biasa menggunakan hand weights untuk melatih ekstra otot tangan. In barre burn class, you have to do it in a faster pace, less break-time, slightly bigger movements, aiming to keep your heart rate up, jadi ada sedikit cardio. Barre aman dilakukan setiap hari, disesuaikan saja dengan kebutuhan badannya.”

#FitnFab- Olahraga Barre ala Ballerina untuk Membentuk Tubuh

5. Apa kesalahan yang biasa dilakukan ketika barre?

“Seringkali kita mengabaikan pentingnya postur yang baik, jadi pada saat olahraga, bergerak saja tanpa memperhatikan posturnya. Kondisi ini ada resikonya lho, bisa-bisa nantinya cidera. Namun, menurutku bukan salah atau benar ya, karena banyak juga faktornya, misal masalah kebiasaan, ketidakpahaman atau karena kondisi badan dan fitness level orang berbeda-beda. In my class, I try to accommodate these differences, and for me its important to give options and adjustments, keep on practicing and you will feel and see how your body improves.”

6. Tips untuk pemula yang baru mau memulai hidup sehat tapi malas olahraga?

“Jangan malas, hahaha, and I think it applys in every aspect of your life. Sehat itu tidak hanya dengan olahraga, memang salah satu kontributor, namun untuk sehat banyak sekali faktornya. Apabila belum ada motivasi olahraga sendiri, mungkin bisa dimulai dari aktivitas yang simple seperti jalan kaki di kompleks, atau berolahraga bersama teman, because group exercise is fun!”

7. Your ultimate rule of healthy lifestyle?

“Do everything in moderation, tidak perlu berlebihan. Balance is key; eat well, rest well, exercise well. Also listen and understand your body needs and wants, because everyone is unique and has different needs. Being healthy is a never ending process, enjoy it and have fun!”

Slow Down

Please wait a moment to post another comment