banner-detik

pro tips

Kulit dan Skincare Laki-Laki Menurut Dokter Kulit

seo-img-article

Ini dia info penting buat pacar atau keluarga kamu soal kulit dan skincare laki-laki!

Ternyata, banyak banget lho komentar dan pertanyaan dari pembaca laki-laki Female Daily. Agak susah memang untuk tim FD, atau video Skincare 101, membahas skincare laki-laki, secara namanya aja Female Daily 😛

But we’re so willing to help guys around our community, so I did this interview with the expert. Berikut dr. Jimmi Chandra, SpKK dari Essenskin Dermatovenereology menjawab sejumlah pertanyaan basic mengenai kulit dan skincare laki-laki. Seberapa berbeda, atau sama, dibandingkan dengan perawatan perempuan?

???????????????????????????????????????????????????????????????

Image Source

  1. Ada kah perbedaan karakteristik kulit perempuan VS laki-laki?

“Adanya perbedaan hormon yang mendasar pada pria dan perempuan. Secara struktur dasar biologisnya, kulit pria cenderung lebih tebal dibandingkan dengan kulit perempuan. Kolagen pada kulit pria juga cenderung lebih padat, kelenjar minyaknya juga cenderung lebih aktif. Itulah mengapa sering ditemukan kulit pria cenderung lebih berminyak, dengan tekstur kulit dan pori wajah lebih tampak.”

  1. Banyak brand punya skincare line untuk laki-laki. Sebenarnya, perlu atau hanya gimmick?

“Tidak ada kekhususan sebenarnya kita harus menggunakan skincare sesuai gender. Selama skincare yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kita, rasanya tidak akan menimbulkan hasil yang buruk terhadap kulit. Dari sudut pandang pribadi saya sebagai konsumen, skincare pria diciptakan lebih praktis, dan pemilihan wangi/ bau-nya saja yang dibuat lebih maskulin.”

Beautypedia: Parfum dalam Skincare dan Makeup

3. Kira-kira apa penjelasan scientific untuk kasus laki-laki banyak yang nggak merawat kulit, tapi kulitnya mulus-mulus aja?

“Kembali ke poin pertama, memang cenderung terlihat bahwa kulit pria lebih ‘tahan banting’ dibandingkan kulit perempuan. Kulit mulus tanpa dirawat biasanya ditemukan pada awal-awal fase saja. Kita jangan lupa ada banyak faktor eksternal yang menyebabkan kulit bermasalah, misalnya polusi, stress, rokok, radiasi UV, dan lain-lain, di mana pria cenderung mengabaikan hal ini dibandingkan wanita. Contoh paling sederhana adalah kebiasaan memakai sunscreen.”

  1. Bagi cowok yang nggak mau ribet, apa hal paling penting yang harus diperhatikan dalam merawat kulit?

“Pemilihan facial wash yang baik, dan frekuensi cuci muka. Facial wash yang baik adalah yang bersifat lembut. Disarankan untuk cuci muka tiga kali sehari, dengan facial wash yang lembut. Penggunaan sabun yang terlalu harsh (contohnya menggunakan scrub setiap hari) dapat menghilangkan acid mantle kulit yang berfungsi sebagai protektan, sehingga kulit dapat menjadi dehidrasi.”

Slow Down

Please wait a moment to post another comment