banner-detik

budget beauty

5 Produk Skincare Emergency Wajib Punya

seo-img-article

Ada banyak alasan yang membuat kulit kita bereaksi negatif tiba-tiba. Pastikan kamu punya produk skincare emergency untuk pertolongan pertama!

Salah satu nasehat tentang skincare yang paling saya ingat adalah sesuaikan produk dengan kondisi kulit kamu pada saat itu. Contoh, kulit berminyak bukan berarti nggak bisa dehidrasi, dan kalau kulit lagi dehidrasi, produk “oil-control” mungkin bukan pilihan yang pas.

Berikut ini adalah produk-produk multifungsi yang bisa kamu pakai untuk mengatasi berbagai masalah kulit emergency. Semuanya tersedia di drugstore!

1. Sheet Mask (Kulit Dehidrasi)

Kulit dehidrasi pasca traveling atau long flight? Sheet mask! Mau menghadiri acara penting dan butuh bantuan skincare supaya kulit glowing alami? Sheet mask 😀 Sudah banyak banget pilihan sheet mask di luar sana, tinggal stok aja yang cocok dengan kebutuhan kulit kamu. Entah itu calming atau brightening, there is a mask for everyone, bahkan untuk kulit super sensitif sekalipun. Kain sekali pakai pada sheet mask membantu penyerapan essence lebih maksimal dan efek soothing-nya juga instan untuk kulit yang lagi bereaksi.

Lihat juga: Apa Beda Sheet Mask 20 Ribu dan 250 Ribu?

2. Aloe Vera Gel (Kulit Iritasi)

Nggak betah pakai sheet mask? Aloe vera gel juga bisa mengatasi kulit reaktif, mulai dari bruntusan karena salah skincare, iritasi, sunburn, gatal-gatal, sampai digigit serangga! Teksturnya yang ringan dan cepat menyerap juga membuat aloe vera gel nyaman digunakan di bagian wajah manapun. Kandungan air yang tinggi di dalam aloe vera gel membuat ingredient ini sangat baik untuk menghidrasi sekaligus menenangkan kulit.

5 Produk Skincare Emergency Wajib Punya 1

3. Soothing Cream (Kulit Iritasi)

Mungkin fungsinya agak-agak mirip dengan aloe vera gel, yaitu menenangkan kulit yang sedang reaktif, hanya saja bedanya ada di formula produk. Soothing cream di sini adalah pelembap krim yang teksturnya lebih padat dan memiliki fungsi emollient atau eksklusif. Yang artinya, hasilnya jauh lebih melembapkan dan juga bisa dipakai untuk menjaga moisture barrier kulit.

Kandungan yang highly moisturizing seperti shea butter, mineral oil, olive oil, dan squalane banyak ditemukan dalam krim pelembap ini. Selain bisa menenangkan kulit reaktif, soothing cream juga bisa dipakai sebagai untuk membantu masalah kulit yang lebih serius seperti eksim.

Lihat juga: 3 Tipe Pelembap yang Kamu Wajib Tahu

4. Clay Mask (Congested Skin)

Saat kulit lagi terasa kusam, komedo numpuk, atau lagi pakai makeup tebal selama beberapa hari, kulit kita butuh di-“detoks” dengan clay mask. Kemampuan clay yang bisa menyerap minyak dan membersihkan pori-pori membuat kulit jadi terasa halus setelah pemakaian, plus benar-benar mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin masih mengendap di dalam pori-pori. Tergantung jenis kulit kamu, kamu bisa aja rutin menggunakan sheet mask yang sedikit “kasar” dengan granules untuk eksfoliasi ekstra, atau pilih clay mask yang lebih lembut.

5. Spot Treatment (Jerawat)

Kalaupun tipe kulit kamu bukan acne-prone, kadang jerawat bisa aja muncul akibat hormon atau lifestyle yang nggak beres. Dari sekian banyak jenis spot treatment, yang paling terbukti ampuh mengeringkan jerawat adalah yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid.

Benzoyl peroxide bekerja dengan cara mematikan bakteri p.acnes penyebab jerawat, sedangkan salicylic acid bekerja dengan cara melepaskan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori dan juga menyebabkan jerawat. Pilih aja obat totol yang paling cocok untuk kamu dan tetap rajin pakai pelembap supaya efek samping nggak terlalu kering.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment