banner-detik

acne blemishes

Skincare untuk Jerawat Punggung

seo-img-article

Bermasalah dengan jerawat punggung? Coba tiga metode ini. 

Jerawat punggung bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari faktor genetik, higienitas, atau sesederhana bahan baju yang kita pakai sehari-hari pun bisa jadi faktor munculnya jerawat. Pori-pori yang ada di kulit punggung pun bisa tersumbat dan menimbulkan peradangan kalau memang kondisinya memungkinkan. Sisa-sisa shampoo, keringat, bahkan faktor hormonal pun bisa memicu jerawat punggung, yang kadang mengurusnya sama stress-nya dengan ngurusin jerawat di wajah.

Jadi, kira-kira skincare apa saja yang bisa dipakai mengobati jerawat punggung? Ini rekomendasinya.

Screen Shot 2018-02-13 at 2.39.37 PM

Sabun Activated Charcoal

Kandungan activated charcoal dikenal akan kemampuannya menyerap minyak, membersihkan kotoran, serta melawan bakteri. Ex-intern FD, Andien, pernah menuliskan pengalamannya mencoba sabun activated charcoal dari brand lokal yang ternyata ampuh untuk mengatasi bruntusan di punggung. Bentuknya yang berupa sabun batangan dengan sedikit granules juga bisa menjadi scrub halus untuk sel kulit mati di punggung. Plus, activated charcoal juga bisa membantu mengurangi inflamasi dan kemerahan di kulit.

AHA/ BHA Toner atau Pads

Yup, buat yang bermasalah dengan jerawat punggung, exfoliating toner yang biasa kamu pakai di wajah pun bisa juga dipakai di area punggung. Lebih direkomendasikan exfoliating toner yang heavy di BHA (salicylic acid), karena BHA punya fungsi anti-microbial yang bisa masuk lebih dalam ke pori-pori dibandingkan AHA. Untuk yang punya produk BHA lainnya seperti COSRX Pimple Clear Pads misalnya, kalau memang pads-nya dirasa agak harsh untuk kulit, kamu bisa menggunakan sisi lembutnya di wajah dan sisi berteksturnya di punggung.

Manual exfoliation

Selain dua cara di atas, melakukan eksfoliasi manual juga bisa membantu mengangkat kotoran di pori-pori dan membersihkan punggung. Menggunakan shower puff, konjac sponge, atau brush dengan facial wash yang mengandung salicylic acid bisa membantu mengeksfoliasi kulit secara efektif. Lakukan dua atau tiga kali seminggu untuk menghindari over-exfoliation. Yes, even the skin in our back can get irritated from over-exfoliation!

Apa cara terampuh kamu untuk mengatasi jerawat punggung? Simak juga pengalaman menyembuhkan jerawat punggung ala tim FD.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment