Tipe Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Membersihkan wajah setiap hari memang penting, tapi kamu sudah menggunakan pembersih wajah yang tepat belum? Berikut panduan simpel memilih pembersih wajah sesuai jenis kulit.

Nggak jarang banyak orang yang sembarangan menggunakan pembersih wajah. Kenapa asal? Karena banyak yang berfikir nggak ngaruh-ngaruh amat lah menggunakan pembersih wajah, toh cuman sebentar kena di kulit. Tapi sayangnya, memilih pembersih wajah tuh nggak bisa sembarangan. Salah menggunakan produk yang ada kulit jadi iritasi, kering atau malah bisa jadi pemicu timbulnya permasalahan jerawat. Nah, supaya kamu nggak salah pilih pembersih wajah, kali ini saya akan memberikan rekomendasi pembersih wajah yang cocok untuk setiap jenis kulit.

7 Tipe Pembersih Wajah untuk Setiap Jenis Kulit

Kulit Kering

Ciri utama kulit kering adalah kulit yang terasa kencang setelah memberisihkan wajah, atau kasus parahnya bisa sampai mengelupas. Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki kulit kering sebaiknya memilih pembersih wajah yang nggak mengandung SLS di dalamnya. Kalau menggunakan sabun dengan SLS tinggi, nantinya kulit akan semakin kering dan berujung pada kulit iritasi. Cari deh, pembersih wajah yang “melembapkan” misalnya dengan kandungan glycerin atau essential oil.

Rekomendasi Produk: Fresh Soy Face CleanserClarins Gentle Foaming Cleanser with Shea Butter

Baca Juga: Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Kulit Berminyak

Nah, kalau untuk kulit berminyak indikasinya adalah setelah membersihkan wajah, nggak sampai lima menit pasti sudah terlihat mengkilap. Kalau kamu memang memiliki kulit berminyak, kandungan charcoal atau clay bisa jadi pilihan.

Rekomendasi Produk: Himalaya Purifying Neem Face Wash, Shiseido Senka Perfect WhipInnisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi biasanya pada bagian T-zone berminyak dan bagian wajah lain kering. Nah, buat kamu yang punya kulit kombinasi pastinya memilih pemberisih wajah lebih ribet dibandingkan dua jenis kulit di atas. Karena satu sisi kamu butuh pembersih wajah yang bisa menekan produksi minyak berlebih, tapi di sisi lain kamu juga butuh pembersih yang bisa melembapkan  area wajah lainnya. Lalu gimana memilih pembersih wajah untuk jenis kulit ini? Coba pilih pembersih wajah dengan tekstur gel atau cair yang lembut di wajah.

Rekomendasi Produk: The Body Shop Aloe Gentle Face Wash

Kulit Sensitf dan Jerawat

Kulit sensitif biasanya identik dengan kulit yang gampang iritasi dan reaktif. Reaksi ini biasanya terjadi karena ada salah satu bahan dalam skincare yang nggak cocok, dan berbagai faktor dalam-luar tubuh. Buat kamu pemilik kulit sensitif yang harus diperhatikan adalah bahan-bahan yang ada di dalam face wash kamu. Bahan-bahan yang biasanya harus dihindari adalah SLS, fragrance, dan essential oils.

Rekomendasi Produk: Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial CleanserPhilosophy Purity Made Simple, COSRX Salicylic Acid Exfoliating Cleanser