Aloe Vera Gel, Solusi Bruntusan dan Bekas Jerawat?

Dari sekian banyak kegunaan aloe vera gel untuk kulit, salah satunya adalah mengatasi jerawat kecil-kecil yang biasa kita kenal sebagai bruntusan. Nah, bagaimana cara kerjanya?

Nggak cuma mengatasi bruntusan, banyak juga orang yang merasa bekas jerawatnya memudar setelah rutin menggunakan aloe vera gel. Entah itu sebagai pelembap, sleeping mask, atau tambahan treatment saja di rangkaian skincare routine. Kalau kamu penasaran dengan cara kerja aloe vera gel untuk mengatasi masalah-masalah di atas.

Lihat juga: Aloe Vera Gel Produk Paling Hits 2017 | FD Insight

Bruntusan

Ada banyak sekali penyebab bruntusan, beberapa di antaranya adalah pori-pori tersumbat (sering terjadi di anak usia remaja) dan juga akibat jamur. Bruntusan yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat biasanya hasil dari proses cleansing yang nggak maksimal, di mana minyak dan kotoran bertumpuk di pori-pori sehingga menimbulkan inflamasi.

Di sinilah aloe vera muncul dengan fungsi anti-inflamasi, dengan kandungan fatty-acids dan enzim yang memang terbukti bisa menenangkan peradangan. Gabungkan dengan produk double cleansing yang tepat, masalah pori-pori tersumbat harusnya bisa langsung terselesaikan.

Beda halnya dengan bruntusan karena pori-pori tersumbat, di usia dewasa biasanya bruntusan terjadi karena nggak cocok dengan skincare :D Di usia 20-an, tentu cleansing routine sudah jauh lebih disiplin dari zaman ABG dulu, dong. Namun tetap aja, namanya nggak cocok dengan skincare bisa terjadi kapan saja.

Jamur yang menyebabkan bruntusan biasanya terdapat di produk-produk skincare Asia yang mengandung fermentasi dan cara mengurangi efeknya memang melawannya dengan produk anti-fungal. Aloe vera memiliki fungsi anti-fungal yang sangat tinggi dan juga natural salicylic acid yang bisa membantu membunuh bakteri jamur.

Bekas Jerawat

Peran vitamin E dan vitamin C dalam aloe vera cukup signifikan untuk membantu memudarkan noda bekas jerawat. Seperti yang kita tahu, bekas jerawat gelap bisa semakin menggelap warnanya ketika terpapar sinar UV tanpa proteksi. Sebagai antioksidan, vitamin E dan C membantu melawan efek radikal bebas tersebut dengan melancarkan sirkulasi darah agar sel kulit baru dapat terbentuk. Hormon natural dalam aloe vera juga membantu kulit sembuh lebih cepat dan meminimalisir peradangan supaya nggak berbekas.

Kesimpulannya, menggunakan skincare dengan aloe vera memang bisa membantu kamu yang sedang mencoba mengatasi jerawat. Fungsi anti-inflamasi dan anti-fungal-nya punya banyak sekali manfaat untuk kulit yang rawan memerah dan berbagai macam tipe bruntusan. Tapi biarpun begitu, aloe vera nggak bisa mengatasi jerawat langsung dari akarnya. Perubahan gaya hidup dan skincare khusus tetap jadi solusi utama untuk jerawat. Baru tambahkan aloe vera bila dirasa perlu :)