Kontroversi Amena Khan Sebagai Brand Ambassador L’Oreal


Sesuai prediksi tim Female Daily tahun ini, tema besar dalam dunia makeup bukan lagi sekedar gaya makeup, tapi diverse beauty! Diversed beauty ini dimulai dari semakin banyaknya brand makeup yang menghadirkan warna-warna foundation yang lebih luas, khususnya untuk perempuan kulit gelap. Tapi nggak hanya sekedar warna foundation, tapi juga pemilihan brand ambassador atau icon untuk mewakili kaum minoritas.

Di awal tahun ini, L’Oreal bikin gerakan baru dengan memilih Amena Khan sebagai brand ambassador untuk rangkaian produk perawatan rambut, L’Oréal Paris Elvive Nutri-Gloss. Apa yang bikin ini spesial? Karena Amena Khan menjadi perempuan berhijab pertama yang dijadikan brand ambassador untuk brand sebesar L’Oreal. Nggak tanggung-tanggung, Amena Khan menjadi brand ambassador untuk produk rambut rusak, yang menandakan kalau perempuan yang menggunakan hijab pun membutuhkan perawatan rambut, walaupun mereka nggak “memajang” rambutnya.

Amena Khan-female daily

Baca Juga: Tips Merawat Rambut untuk Hijabers

Sayangnya, per tanggal 23 Januari 2018, Amena Khan memutuskan untuk turun dari jabatannya sebagai brand ambassador L’Oreal, karena perihal banyaknya serangan yang dia terima karena pernah membuat tweet mengenai anti-Isarel 2014 lalu. Keputusan ini diambil oleh Amena karena akhirnya kampanye yang maksudnya positif dan menunjukan diversity in beauty, malah jadi terlihat negatif karena banyaknya serangan netizen terhadap postingan lamanya tersebut.

The current conversations surrounding it detract from the positive and inclusive sentiment that it set out to deliver,” tulis Amena di salah satu pernyataannya.

Saya sendiri melihat ini sedih karena hilang satu sosok unik di dunia beauty yang bisa mewakili kaum minoritas. Terlepas dari pandangan politiknya, Amena adalah salah satu influencer dengan banyak pengikut dan pesan positif selama bertahun-tahun.  Harusnya, permintaan maaf dan penjelasan dari Amena dan pihak L’Oreal sudah cukup untuk meredakan keributan netizen soal kampanye ini. Walau nggak bisa dipungkiri, orang semakin kritis dalam mendukung sebuah brand kecantikan dan kampanyenya. Mungkin kamu juga seperti Senior Editor FD, Annetta, yang anti brand makeup kontroversial seperti Jeffree Star dan Lime Crime.

Semoga dengan turunnya Amena Khan sebagai brand ambassador L’Oreal hair care, akan ada sosok hijaber lainnya yang bisa menggantikan Amena, untuk mewakili perempuan berhijab di beauty campaign besar.