banner-detik

foundation

Tips Full Coverage Foundation di Kulit Bertekstur

seo-img-article

Bermasalah dengan tekstur kulit? Beberapa tips full coverage foundation ini bisa membantu complexion kamu terlihat lebih halus dan rata. 

Screen Shot 2018-01-19 at 11.24.41 AM

1. Layer moisture, not silicone

Salah satu kesalahan priming yang dulu sering saya lakukan adalah memakai silicone-based primer di seluruh wajah tanpa mementingkan kelembapan kulit sebelumnya. Betul, primer berbahan silikon memang bisa menyamarkan pori-pori, menghaluskan kulit, dan membantu foundation lebih menempel. Tapi itu semua nggak akan bisa dicapai ketika kita nggak memakai pelembap dengan baik sebelumnya.

Primer hanya akan “duduk” sebagai layer tambahan di atas permukaan kulit dan ujung-ujungnya malah flaky karena nggak menyatu sempurna dengan kulit yang lembap. Tampilan kulit bisa jadi lebih nggak rata! Pastikan pelembap kamu benar-benar melakukan tugasnya di kulit dan terasa efek moisturizing-nya sebelum dipakaikan primer silikon setelahnya.

Lihat juga: 3 Alasan Beralih ke Cushion Puff untuk Aplikasi Foundation

2. Tumpuk minimal dua layer foundation

Kenyataannya, kulit yang bertekstur pasti butuh foundation lebih banyak dibanding kulit yang permukaannya rata. Salah satu trik yang saya pelajari dari Gyanda adalah untuk layering foundation pelan-pelan, dipakai satu layer tipis dulu (nggak usah terlalu menutupi noda jerawat) yang rata, kemudian baru tambah lagi layer kedua. Bila perlu, baru tambahkan foundation di area yang mau ditutupi setelah layer kedua selesai. Ini untuk mencegah foundation nggak belang-belang dan tebal di beberapa area, tetapi untuk membuat base yang rata dulu, baru di-“tambal” di area-area yang memerlukan. A good concealer also helps!

3. Mandi setting spray

Foundation yang pecah akan gampang banget terlihat di kulit yang bertekstur, karena itu setting spray memegang peran penting! Selain menunda minyak, setting spray juga lumayan membantu foundation nggak pecah di area-area yang rawan seperti sekitar hidung dan mulut. Jangan ragu untuk menyemprot lebih banyak di area-area tersebut dan untuk menghindari foundation terlihat cakey, di sela-sela aplikasi kamu bisa menyemprotkan priming spray seperti Studio Tropik.

Lihat juga: Budget Beauty: 3 Setting Spray Bagus Terjangkau

4. Powder di tempat yang tepat

Buat saya, setting powder lebih berpengaruh untuk menahan minyak daripada mattifying primer apapun. Biasanya loose powder lebih aman untuk kulit bertekstur karena partikel bedaknya yang halus tapi tetap bisa membantu meratakan permukaan kulit. Supaya kulit terlihat rata namun nggak terlalu flat, pusatkan bedak di area t-zone dan jangan terlalu banyak di area tulang pipi, karena area itu lah yang paling mendefinisikan bentuk wajah kita.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment