banner-detik

beautypedia

Beautypedia: Clindamycin, Antibiotik Jerawat Ampuh

seo-img-article

Clindamicyn adalah antibiotik paling umum dan ampuh yang bisa menangani jerawat parah sekalipun. Bagaimana cara kerjanya dan apa efek sampingnya?

Clindamicyn adalah antibiotik yang bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain memiliki fungsi anti-bakteri, clindamicyn juga memiliki fungsi anti-jamur, menjadikan antibiotik ini nggak hanya cocok untuk menangani jerawat hormonal, tetapi juga bruntusan kecil-kecil yang disebabkan oleh jamur.

Oral

Clindamicyn versi obat minum biasanya diresepkan dokter selama kurun waktu dua minggu sampai dua bulan , tergantung seberapa parah jenis jerawatnya. Jenis yang diresepkan biasanya adalah doxycycline dengan dosis dua kapsul per hari.

Untuk yang bermasalah dengan jerawat hormonal yang besar dan perih, doxycycline bisa membantu mengurangi peradangannya. Biasanya, pasien jerawat mengonsumsi doxycycline juga dibarengi dengan penggunaan skincare yang mengontrol minyak seperti BHA dan merangsang sel kulit baru seperti tretinoin.
Clindamycin

 

Topikal

Di beberapa kasus, clindamicyn nggak hanya dikonsumsi secara oral namun juga secara topikal. Berbeda dengan doxycycline yang harus dibeli melalui resep dokter, topikal doxycycline (Mediklin contohnya) bisa kamu dapatkan di apotek dengan harga sekitar Rp30 – 4o ribu, namun tetap harus dipakai sesuai timeline.

Sama seperti obat minumnya, clindamicyn topikal dipakai sekitar dua hari sekali dan harus dibarengi dengan sunscreen plus pelembap yang memadai karena efek sampingnya bisa membuat kulit menjadi kering. Selain membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, clindamicyn juga kadang bisa memicu iritasi di kulit sensitif, mulai dari kemerahan atau perih, karena itu penting untuk mencocokkan dosis dengan kondisi kulit. Produk yang paling umum dipakai adalah Mediklin dengan konsentrasi 1,2% clindamicyn phosphate.

Kesimpulannya, meskipun studi membuktikan adanya antibiotic resistance yang muncul akibat penggunaan antibiotik jangka panjang, sejauh ini clindamicyn masih dianggap sebagai salah satu cara terampuh untuk menangani jerawat. Dibarengi dengan powerful ingredients lainnya untuk jerawat seperti salicylic acid dan tretinoin, bahkan kasus jerawat hormonal yang super parah pun bisa membaik.

Ada yang menggunakan clindamicyn juga di sini?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment