banner-detik

industry news

Grha Unilever, Kantor Instagrammable Ramah Lingkungan

seo-img-article

Resmi pindah bulan Juni lalu, Grha Unilever yang berlokasi di Green Office Park BSD City ini benar-benar definisi dari #officegoals. Kantornya luas, diterangi sinar matahari, dan fasilitas karyawannya juga juara!

Bersama teman-teman media lainnya, kemarin saya menghabiskan waktu hampir seharian di Grha Unilever. Memang ya, untuk bisa menciptakan suasana kantor dengan green concept yang nyaman itu lokasinya harus jauh dari hiruk-pikuk kota Jakarta. Terbukti ketika saya pertama kali menginjakkan kaki di Grha Unilever, meskipun gedungnya sangat luas tetapi entah kenapa terasa “homy”, nggak sumpek atau terlalu kaku seperti gedung perkantoran pada umumnya. Ternyata, salah satu konsep utama Grha Unilever adalah kekeluargaan.

Nah, bagaimana cara menerapkan konsep kekeluargaan di gedung yang dibangun di atas lahan seluas 30.000 m2 dengan total 1350 karyawan?

b50acadf-3122-4024-8a2c-afce23b505de

c49e3a0c-c473-4ad7-acbd-937a8cf5cf37Menurut Director of Human Resource PT Unilever Indonesia, Willy Saelan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membuat banyak area-area “collaborative” di setiap sisi gedung. Disediakan banyak meja, kursi, dan colokan listrik supaya seluruh karyawan bisa bekerja di belahan gedung manapun.

“Di sini juga WiFi selalu nyala, bahkan di luar gedung pun WiFi ada.” tambah pak Willy, “Ini supaya karyawan nggak harus bekerja di meja aja, tapi bisa dimanapun. Apalagi generasi millennials kan terkenal mobile, bisa kerja dari rumah, di cafe, dan itu mau kita terapkan juga di sini. Collaborative area ini juga mendorong karyawan untuk bisa bersosialisasi antar divisi.”

Fasilitas-fasilitas keren adalah cara lain Unilever untuk memberikan kenyamanan bagi karyawannya. Pertama, ada gym dengan kelas-kelas rutin seperti yoga, pilates, body combat, bahkan tari tradisional. Lalu ada Zwitsal nursery dan daycare yang sangat membantu ibu bekerja. Nggak cuma itu, bahkan ada salon TRESemmé yang menyediakan jasa cuci blow, creambath, mani-pedi, sampai makeup artist! Saya sendiri sempat nyobain salonnya yang sangat nyaman, dengan kapster yang super cekatan dan bisa blow rambut rapi dalam waktu 15-20 menitan saja 😀

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURESThe best part? Untuk bisa menikmati fasilitas ini, karyawan nggak dibatasi jamnya. Menurut pak Willy, mereka percaya bahwa semua karyawan bisa bertanggungjawab dan nggak akan terlalu terdistraksi dengan fasilitas-fasilitas ini. Enaknya lagi, di Grha Unilever juga ada Magnum Cafe untuk yang mau kerja sambil ngopi dan ngemil pastry, plus Buavita Cafe yang menjual jus dan smoothies.

Grha Unilever sudah mendapatkan sertifikasi Gold+ dari Green Mask Certification yang menyatakan bahwa dari desain hingga kultur di dalamnya pun Unilever sudah menerapkan sistem green concept. Ada sistem Waste Management untuk menjaga agar sampah kantor nggak berakhir sampai Tempat Pembuangan Akhir (TPA), penggunaan double glass pada dinding untuk membantu menahan suhu panas dari luar agar mengurangi AC, serta sensor gerak yang langsung mematikan listrik saat orang-orang keluar ruangan. Untuk memudahkan akses transportasi karyawan, Unilever juga menyediakan shuttle bus yang menjangkau area-area di luar BSD seperti Bekasi, Depok, dan Bogor.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment