banner-detik

visible pores

Pori-Pori Bisa Tersumbat Akibat 3 Bahan Ini

seo-img-article

Meskipun ada banyak alasan pori-pori bisa tersumbat, tapi kosmetik yang mengandung tiga bahan ini dalam jumlah tinggi bisa meningkatkan resikonya.

Setiap kulit punya respon yang berbeda-beda pada skincare ataupun makeup. Apa yang bagus di kulit kering, belum tentu bagus di kulit berminyak, dan begitupun sebaliknya. Sebagai pemilik kulit berminyak, saya sadar banget bahwa bahan-bahan yang dianjurkan untuk saya jauhi bukan berarti jadi nggak berguna sama sekali, bahkan kadang bisa aman-aman saja kalau memang konsentrasinya sedikit.

Biarpun begitu, nggak ada salahnya untuk proceed with caution. Berikut tiga bahan yang sudah dikenal bisa memicu pori-pori tersumbat:

Silikon

Mineral Oil

Banyak digunakan sebagai carrier oil dalam produk-produk kosmetik, mineral oil cenderung dihindari oleh kulit berminyak atau berjerawat karena partikelnya yang besar dan bisa menghambat kulit “bernapas” dan proses keluarnya minyak dari pori-pori. Akibatnya, minyak dan kotoran menumpuk dan bisa jadi penyebab jerawat. Selain itu, mineral oil juga memiliki fungsi emmolient dengan kelembapan tinggi, sehingga kalau dipakai berlebihan bisa membuat kulit semakin berminyak.

Silicone

Kalau kamu suka efek blurring primer yang bikin foundation terlihat halus, berterima kasihlah pada silikon. Silikon atau turunannya, dimethicone, adalah bahan yang banyak digunakan dalam makeup maupun skincare dengan fungsi yang berbeda-beda. Pada makeup, silikon bisa membuat tekstur produk terasa halus di kulit, sedangkan pada skincare efeknya lebih agar produk lebih mudah diratakan. Masalah terjadi kalau kamu nggak membersihkan silikon dengan maksimal, karena residunya bisa tertinggal di atas permukaan kulit dan menyumbat pori-pori. Bahkan, conditioner bersilikon yang nggak dibilas dengan bersih juga bisa jadi trigger jerawat punggung, lho.

Olive Oil

Meskipun bagus untuk kulit kering, level oleic acid (asam lemak) pada olive oil yang tinggi membuat minyak alami yang satu ini harus dihindari kulit berminyak. Oleic acid adalah natural sebum yang terdapat pada kulit kita, dengan tekstur yang cenderung greasy dan lengket. Perbandingan oleic acid dan linoleic acid pada olive oil (80 – 20%) membuat kandungan ini cukup berisiko menyumbat pori-pori di kulit.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment