banner-detik

acne blemishes

Memilih Skincare untuk Bekas Jerawat

seo-img-article

Bekas jerawat, baik yang berwarna merah ataupun coklat, terbentuk karena berbagai macam faktor.

Memilih skincare untuk bekas jerawat pun harus teliti, karena beda ingredients, beda pula cara kerjanya dalam mengatasi noda bekas jerawat. Meskipun dibantu juga faktor-faktor lainnya seperti tidur cukup, makan sehat, dan kurangi stress, tetapi skincare yang mengandung ingredients sebagai berikut sudah terbukti bisa mencegah, menyamarkan, dan membantu memperbarui kondisi kulit pasca inflamasi.

Lihat juga: Alasan Bekas Jerawat Susah Hilang di Kulit Asia

Mencegah: Sunscreen & Niacinamide

sunscreen niacinamide

Sunscreen tentunya adalah produk preventif yang bisa mencegah macam-macam masalah kulit, nggak hanya bekas jerawat aja. Mungkin kamu juga sudah sering dengar bahwa bekas jerawat yang berwarna cokelat atau kehitaman bisa semakin mengelap kalau nggak dilindungi dari sinar UV. Sel kulit yang memberi warna pada pigmen ini, melanocytes, akan semakin “aktif” jika terpapar langsung pada sinar UV.

Selain menggunakan broad spectrum sunscreen, skincare yang mengandung niacinamide atau vitamin B3 juga membantu meratakan warna kulit dan mencegah melanocytes (sel kulit yang berada di lapisan bawah kulit) naik ke epidermis (lapisan atas kulit) dan membentuk noda hitam.

Menyamarkan: Vitamin C, Arbutin, Kojic Acid

Davaj-Face-Serum-PipetteBekas jerawat keburu terbentuk? Look no further than the ingredients above. Dikenal sebagai skin-brightening ingredient terbaik, vitamin C, arbutin, dan kojic acid bekerja dengan cara mengurangi produksi melanin yang berlebihan di kulit. Ketiga ingredients ini sama-sama memiliki antioksidan kuat yang juga bisa membantu meminimalisir efek inflamasi pasca jerawat atau sinar UV di kulit. Vitamin C, arbutin, dan kojic acid bekerja efektif untuk memudarkan bekas jerawat yang cenderung coklat atau gelap.

Mempercepat Regenerasi Kulit: AHA, BHA, Retinol

aha bhaKenal dengan istilah purging? Sekaligus meluruskan, proses purging hanya terjadi saat skincare yang kamu gunakan memiliki fungsi eksfoliasi dan merangsang pembentukan sel kulit baru. Nah, ingredients yang bisa melakukan ini adalah acids dan vitamin A, seperti yang ditulis di atas. Jadi, kalau kamu habis mencoba sunscreen atau pelembap baru lalu muncul jerawat, bisa jadi tandanya kulit kamu nggak cocok.

Berhubung tipe kulit orang berbeda-beda, ada yang tahan dipakaikan produk-produk eksfoliasi tiap hari, ada yang hanya tahan beberapa hari dalam seminggu. Selama nggak menimbulkan iritasi, diikuti dengan pelembap dan hydrating toner setiap pagi, harusnya produk ini bisa membantu masalah noda bekas jerawat kamu dalam kurun waktu beberapa bulan.

Lihat juga: 3 Trik Makeup untuk Bekas Jerawat Hitam

Di luar metode di atas, ada juga yang mengatasi bekas jerawatnya menggunakan produk yang lebih natural seperti face oil. Kamu sendiri pakai cara apa?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment