Tips Ombre Lips Natural dan Tahan Lama

Saya punya beberapa tips agar ombre lips ala Korea terlihat natural dan lebih tahan lama.

Ombre lips ala Korea sekarang sudah nggak terlalu booming ya? Karena memang trennya sudah beralih. Kayaknya bibir yang terlihat kecil dan cute, nggak lagi diminati. Saat ini tren makeup lebih berkiblat ke westren, yang tergila-gila dengan bibir besar dan seksi ala Kylie Jenner.

Tapi makeup Korea masih punya penggemar setia kok. Termasuk ombre lips ala Korea ini juga masih banyak peminatnya. Saya masih beberapa kali melihat beauty vlogger/ blogger yang menggunakan teknik ini untuk menghasilkan makeup look yang natural, fresh, dan cute.

Saya pun tadinya kurang suka dengan ombre lips ala Korea ini. Mungkin karena belum menemukan cara pakai yang tepat ya, jadi setiap saya mencoba teknik ini, saya malah kelihatan seperti sedang panas dalam. Tapi belakangan, saya nemu cara yang tepat untuk memadu-padankan warna lipstik dengan teknik ombre lips.

Lihat juga: 3 Rekomendasi Lip Tint Korea di Bawah Rp 60 Ribuombre lips korea (1)

Kalau buat saya sih, selain terlihat segar tapi natural, ombre lips ala Korea juga bikin koleksi lipstik warna bold saya kepakai. Soalnya saya memang nggak begitu nyaman pakai lipstik dengan warna bold di seluruh bibir, kalau bukan pas acara khusus. Jadi sehari-hari yang selalu terpakai adalah lipstik warna-warna nude.

Cuma perlu diperhatikan bahwa ombre lips ala Korea ini memberikan efek bibir terlihat lebih kecil dan overall look terlihat lebih cute. Jadi memang kurang cocok diaplikasikan bila kamu punya bibir yang bentuknya sudah tipis dan kecil. Kalau bentuk bibirmu tipis dan kecil, mengaplikasikan lipstik full di seluruh bibir akan lebih cocok.

Berikut adalah beberapa hal yang harus saya perhatikan setiap akan mengaplikasikan ombre lips ala Korea. Tips berikut berguna banget sih, setidaknya untuk saya, agar ombre lips yang dihasilkan terlihat lebih natural dan tahan lama:

Gunakan matte liquid lipstick dengan tekstur yang ringan dan cair

Jangan membuat ombre lips dengan menggunakan lipstik yang glossy atau satin finish. Teknik ombre lips ini membutuhkan lipstik yang awet dan nggak mudah smudge. Saya beberapa kali mencoba ombre lips dengan menggunakan creamy lipstick yang glossy, dan hasilnya sebentar saja semua warna yang saya kombinasikan sudah menyatu dan nggak kelihatan lagi gradasinya.

Saya sih paling suka menggunakan matte liquid lipstick untuk teknik ombre lips ini. Sebab matte liquid lipstick lebih awet daripada matte lipstick biasa, dan pigmentasinya jauh lebih bagus dibandingkan liptint. Dan lagi, pinggiran bibir saya warnanya hitam, jadi harus ditutup dengan nude lipstick yang pigmentasinya bagus. Nah, saya belum menemukan liptint warna nude yang pigmentasinya bagus.

ombre lips

Selain itu, nggak sembarang matte liquid lipstick cocok diaplikasikan dengan teknik ombre lips. Saya kurang suka menggunakan matte liquid lipstick yang teksturnya creamy, karena biasanya akan terasa terlalu menumpuk, tebal, dan kurang nyaman di bibir. Jadi saya selalu memilih matte liquid lipstick yang teksturnya lebih cair dan ringan, misalnya Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream, QL Lip Cream Matte, atau Pixy Lip Cream. Untuk warna nude yang dijadikan base colour, favorit saya adalah Zoya Lip Paint Cream Tint dan Rollover Reaction Sude Lip and Cheek Cream Lizzy.

Baurkan Perbatasan Warna Sampai Gradasinya Halus

Dulu saya hanya asal saja mengaplikasikan lipstik bila ingin ombre lips, asal pakai warna nude di bagian luar bibir, lalu aplikasikan warna yang lebih bold di bagian dalam, katup-katupkan bibir untuk meratakan. Tapi ternyata cara itu kurang bisa membuat gradasi yang halus. Hasilnya di bibir saya sih masih tampak ada dua warna terpisah, bukan gradasi. Dan itu bikin saya seperti lagi panas dalam, apalagi kalau pilihan warna yang saya pilih sangat kontras.

Jadi cara yang saya pakai adalah, pertama saya mengaplikasikan nude lipstick di seluruh bagian bibir, bukan hanya bagian luarnya saja. Karena kalau hanya di bagian luar, warna bold yang akan diaplikasikan di bagian dalam bibir akan terlihat sangat kontras. Kedua, sebelum nude lipstick yang pertama mengering, saya segera mengaplikasikan bold lipstick di bagian tengah bibir. Terakhir, tepuk-tepuk lembut bagian perbatasan warna dengan menggunakan jari tangan, sampai warnanya sedikit terbaur dan membentuk gradasi yang halus.

Selamat mencoba ya ;).