banner-detik

dark spots brightening

3 Trik Makeup untuk Bekas Jerawat Hitam

seo-img-article

Saat lagi punya banyak bekas jerawat hitam-hitam, tiga hal ini selalu saya lakukan saat dandan.

Bersyukur banget karena saya nggak terlalu banyak punya bekas jerawat bopeng, yang susah ditutupi makeup. Ada sih, tapi cuma sedikit dan letaknya pun di bawah tuluang pipi, jadi nggak terlalu bikin was-was. Nah, sebagai “gantinya”, muka saya justru rentan kena bekas jerawat PIH yang gelap-gelap dan akan susah hilang kalau jerawatnya keburu besar sebelum sembuh.

Untungnya, pigmentasi lebih gampang ditutupi dengan makeup. Asal ketemu foundation yang bagus dan concealer yang full coverage, kelar masalahnya. Tapi, bicara makeup untuk bekas jerawat, bukan cuma soal concealing.

Berikut beberapa hal yang selalu saya lakukan saat muka lagi “dihiasi” bekas jerawat hitam:

WhatsApp Image 2017-10-05 at 15.16.42 (2)

Hindari Produk Krim

Sejujurnya saya suka banget pakai cream blush dan cream contour, karena hasilnya bener-bener natural di wajah. Namun, aplikasinya yang butuh blending dengan jari, kuas atau spons lembap, rentan “menggeser” base makeup yang udah paripurna di bawahnya. Bekas jerawat di pipi yang udah tertutup bisa “ngintip” lagi deh.

Pakai powder blush dan contour lebih friendly di bekas jerawat. Caranya pun nggak bisa asal usap-usap, tapi lebih di tap-tap di pipi, mulai dari telinga terus menuju hidung. Untuk teknik aplikasi ini, angled brush jadi kuas favorit saya karena proses aplikasi jadi lebih ringkas, dan ukurannya sesuai dengan lebar pipi-tulang pipi.

WhatsApp Image 2017-10-05 at 15.16.42 (1)

Pakai Tinted Base

Tadinya saya emang pemakai CC cream untuk sehari-hari. Coverage-nya yang tipis dan finish dewy-nya menurut saya bikin kulit kelihatan sehat alami. Nah, suatu hari saya kepikiran untuk pakai CC cream sebelum foundation. Hasilnya? Skintone lebih rata, bekas jerawat tertutupi, dengan jumlah foundation yang lebih sedikit. Saya bahkan nggak perlu concealer lagi.

Menurut buku The French Beauty Solution karya Mathilde Thomas, CC cream mengandung 20 persen pigmen, BB cream 40 persen, sedangkan foundation 60 persen. So, kalau bisa dapat hasil maksimal dengan produk yang lebih ringan, kenapa harus “dempulan” dengan dua layer foundation plus concealer? 🙂

WhatsApp Image 2017-10-05 at 15.16.42

Gunakan Kuas

Saat lagi punya banyak bekas jerawat, saya mengurangi penggunaan Beauty Blender. Spons lembap pastinya akan mengurangi coverage foundation karena kemampuannya menyerap produk. Saya biasanya memakai angled foundation brush yang padat untuk aplikasi CC cream/ foundation, dan khusus di area dengan bekas jerawat, di-tap-tap agar dapat efek tutup maksimal dan produknya nggak geser. Pakai jari bisa juga sih, tapi saya nggak terlalu suka karena biasanya akan patchy.

Tapping motion is our best friend deh, kalo punya bekas jerawat.

Semoga membantu ya~

Slow Down

Please wait a moment to post another comment