FD Little Notes: Semua Tentang Catok Rambut

Hampir semua cewek sekarang bisa styling rambut sendiri di rumah. Mau gaya rambut lurus yang sleek ataupun messy waves, selama alat catoknya oke dan tekniknya pas, kita nggak perlu lagi repot ke salon untuk styling.

Meskipun topik catokan tentunya nggak sepopuler topik jerawat atau makeup, tapi di FD banyak juga pembaca yang sering menanyakan referensi catokan, tips styling, atau sekedar membandingkan berbagai merek catokan. Kalau kamu juga salah satu orang yang bergantung pada catokan untuk styling rambut sehari-hari, simak berbagai tips nyatok dan trik styling berikut ini.

Lihat juga: 3 Heat Spray Pelindung Rambut dari Panas

IMG_7285

Jenis-jenis Catokan

Berbeda plat catokan, beda pula kualitas dan hasilnya di rambut. Jenis plat yang dipakai juga mempengaruhi harga, karena itu jangan heran kalau ada catokan yang harganya 400 ribuan, tetapi ada juga yang hampir 4 juta. Sebelum berinvestasi ke catokan yang harganya cukup tinggi, ada baiknya kenali dulu berbagai jenis plat catokan rambut di artikel ini.

Mencatok Sesuai Kondisi Rambut

Masing-masing rambut punya teknik tersendiri supaya hasil catokan bisa maksimal dan tahan lama. Punya rambut tipis seperti rambut bayi? Trik dari hairstylist BaByliss ini bisa kamu coba supaya rambut terlihat lebih tebal dan mengembang. Atau rambut kamu cenderung lurus, kaku, dan kadang nggak bisa awet menahan styling? Tiga tips nyatok ini pas buat kamu. Sedangkan untuk mencatok rambut ikal, empat tips inilah yang paling ampuh. Keep in mind not to do these styling mistakes while you’re at it!

Maintenance Alat Catok

Sudah tahu kan, kalau catokan rambut adalah gudangnya kuman dan bakteri? Selain bisa mengotori rambut yang sudah bersih, catokan yang nggak rutin dibersihkan juga bisa mengurangi performa dan bikin alatnya cepat rusak. Karena itu, penting untuk membersihkan catokan minimal seminggu sekali, apalagi kalau kamu menggunakannya hampir setiap hari. Ini cara membersihkan catokan supaya kualitasnya tetap terjaga.

Last but not least, here’s the fun article: Ochell pernah mencoba membandingkan catokan seharga 100 ribu dan 3 juta. Memang nggak apple to apple sih, tapi seenggaknya bisa memberikan insight tentang bedanya hasil catokan high end dan catokan super terjangkau.