banner-detik

food nutrition

Masalah Kulit Akibat Ngemil di Malam Hari

seo-img-article

Bukan hanya membuat pinggang tambah lebar, doyan ngemil di malam hari juga dapat menyebabkan masalah kulit ini lho!

Hayo, siapa nih yang suka craving martabak, kerupuk atau snek manis-manis, apalagi di malam hari? Rasanya cemilan selalu lebih enak kalau dimakan sebelum tidur, ya? Tapi, kita sudah sering mendengar bahwa ngemil pada larut malam bisa membuat tubuh semakin tambun, terkena insomnia, and let’s not forget, banyak masalah kulit lainnya.

late night snacking skinFoto: medicalnewstoday.com

Baca juga: Doyan Ngemil? Ini Produk yang Harus Kamu Coba

Seperti yang sudah pernah dibahas kak Dara, terlalu sering makan dessert bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Tapi, efek dari hobi ngemil nggak stop hanya di jerawat. Menurut penelitian yang dilakukan University of Texas Southwestern Medical Center, ngemil malam-malam sewaktu tubuh seharusnya tidur ternyata dapat mempengaruhi tingkat perlindungan sinar matahari kulit keesokan harinya!

Para peneliti yang mempelajari tikus dengan kebiasaan makan yang tidak normal menemukan bahwa jam biologis kulit tikus dapat terganggu. Gangguan ini menyebabkan pelemahan enzim yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, yang kemudian menyebabkan lebih banyak kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Now you must be wondering, emang kulit tikus sama dengan kulit manusia? confusedMenurut pendiri Hop & Cotton dan Cosmetic Chemist, Ee Ting Ng, manusia pun dapat mengalami pelemahan enzim ini karena manusia dan tikus sama-sama mempunyai enzim XPA. Alasan mengapa enzim ini melemah pada tubuh manusia adalah karena jam biologis kulit diatur oleh sinyal seperti cahaya, suhu dan pemberian makan. Ngemil larut malam menciptakan stimuli yang mengganggu siklus tidur/ jam bangun normal kita, dan menggangu enzim XPA yang biasanya aktif saat kita tidur. Penurunan aktivitas enzim ini akan memperlemah kemampuan kulit untuk memperbaiki kerusakan UV. In other words, more late night snacking = more skin damage!

Baca juga: Rekomendasi 6 Produk Sunscreen yang Bagus

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil dari ini adalah, walaupun susah (trust me, I know the struggle all too well), pelan-pelan coba hindari kebiasaan late night snacking untuk menjaga kulit tetap sehat. Toh, memang asumsi bahwa ngemil di malam hari dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh in general sudah didukung oleh berbagai penelitian. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan sunscreen yang cukup setiap pagi! biggrin

Slow Down

Please wait a moment to post another comment