banner-detik

makeup

Coba Cek 3 Teknik Contouring yang Salah

seo-img-article

Hasil contouring malah bikin wajah jadi terlihat aneh? Mungkin kamu menggunakan teknik yang salah. 

Contouring adalah satu teknik makeup, yang fungsinya untuk membantu memberikan ilusi bayangan pada wajah. Ilusi yang diberikan adalah wajah yang lebih tirus dan kecil. Makanya contouring diaplikasikan pada area dahi, pipi, hidung dan juga rahang. Step ini selalu jadi step favorit perempuan saat makeup. Sayangnya, saya sering banget lihat aplikasi contouring yang salah, entah itu terlalu berlebihan, warna yang salah atau penempatan. Hasilnya? Ya kurang flattering atau kadang bisa bikin wajah terlihat kotor.

Baca Juga: Beda Bronzing dan Contouring

Nah, buat kamu yang masih kesulitan saat melakukan contouring coba hindari beberapa hal berikut:

1. Warna Contouring

Teknik Contouring
Walaupun sering dibahas, tapi masih banyak orang yang salah pilih warna contouring. Warna yang pas untuk contouring adalah warna cokelat dingin. Hindari warna cokelat kemerahan, karena bisa bikin wajah terlihat kotor atau kusam. Kemudian pemilihan tingkat warna pun harus tepat, jangan menggunakan warna contour terlalu gelap. Pilih maksimal dua warna lebih gelap dari kulit kita untuk hasil yang natural. Untuk tips memilih contour juga sudah pernah saya bahas di artikel 2 Tips Memilih Warna Contour.

2. Tidak Sesuai Bentuk Wajah

Teknik Contouring
Seperti yang saya bilang di atas, kita tahunya mengaplikasikan contouring pada empat titik wajah, yaitu dahi, pipi, rahang dan hidung. Nah, keempat titik ini nggak bisa diterapkan ke seluruh bentuk wajah. Karena setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Ingat kan kalau contouring itu gunanya untuk memperkecil wajah kita? Kalau sudah memiliki dahi yang kecil, nggak perlu lagi kita contour, begitu pula dengan pemilik wajah yang tirus. Kalau dipaksa yang ada wajah kita akan terlihat sempit dan semakin panjang.

Baca Juga: 4 Tahap Contouring untuk Pemula

3. Posisi


Ini juga yang masih menjadi isu saat contouring, khususnya pada bagian pipi. Kesalahan yang sering dilakukan adalah menarik garis contour terlalu maju, hingga area mulut. Efeknya, raut wajah terlihat terlalu kaku dan kasar. Sebenarnya batas garis maksimal untuk mengaplikasikan contouring ada di bawah apple of the cheek. Kalau mau ditarik lebih dari itu sebenarnya boleh saja, tapi jangan terlalu tegas.

Baca juga: Cara Gampang Contour Hidung dengan Spons

Kurang lebih itu tiga kesalahan contouring yang sering dilakukan. Semoga kamu nggak lagi melakukan tiga kesalahan di atas ya. Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment