banner-detik

haircare

Tips Mengakali Rambut Super Kering dan Rusak

seo-img-article

Hair dryer malah bisa menyelamatkan rambut super kering dan rusak lho. Nggak percaya?

Hanya seminggu saya rasakan enaknya punya rambut lurus dan halus dari treatment keratin. Begitu liburan ke pantai dan berenang selama tiga hari berturut-turut, rambut saya langsung rusak. Rusaknya itu kaya rambut di-bleaching berkali-kali. Sampai kalau saya sisir, banyak banget serpihan rambut patah-patah. Dan parahnya, kalau habis keramas, rambut megar banget dan ujung rambut kusut dan nempel semua. Jadi selama liburan di Bali kemarin, saya hanya bisa mengikat dan menyembunyikan rambut di bawah topi.

Tips Mengakali Rambut Kering: Rusak-2

Biasanya kalau rambut sudah dalam kondisi ini, sudah nggak ada solusinya. Mau nggak mau, harus langsung di potong semua bagian yang rusak. Tapi untuk kasus saya, nggak bisa langsung saya potong. Soalnya yang kering dan rusak parah itu kurang lebih 5 cm. Kalau saya paksa potong, yang ada rambut saya sisa sekuping, dan jadilah saya semakin bulat dan kaya pacar Boboho.

Setelah berkutat dan selalu nyembunyiin rambut dengan cara dikuncir, akhirnya saya nemuin satu cara yang sudah terbukti bisa bikin rambut yang tadinya kering dan jelek, jadi kelihatan kembali sehat. Mau tahu apa tipsnya? Simpel banget kok!

Baca Juga: 3 Rekomendasi Vitamin untuk Rambut Rusak

Jadi tips utamanya, kalau rambut kamu rusak banget either itu karena sering berenang, diwarnai atau bleaching, selalu gunakan hair mask atau hair conditioner sehabis keramas. Selanjutnya tambahkan hair oil enam atau sepuluh pump pada rambut yang masih basah ya. Iya, pakainya sebanyak itu, soalnya rambut kamu sudah “kosong” jadi butuh oil yang banyak untuk memberikan ilusi halus. Tenang aja, nggak bakalan oily kok, asal pakainya hanya di area yang kering aja ya.

Baca Juga: Tips Perawatan Rambut yang Sering Berenang

Tips Mengakali Rambut Kering: Rusak-3

Untuk hair oil yang saya pakai kemarin adalah Lucidol Triple Beauty Hair Vitamin for Dry Hair. Terus habis itu saya pakai tiga tetes Sensatia Scalp Balancer pada batang rambut. Ini sebenarnya hair tonic gitu, tapi karena bahannya oil jadi saya pakaikan ke batang rambut untuk nambah kelembapan. Kalau sudah pakai dua produk ini, tahap selanjutnya saya langsung mengeringkan rambut dengan hair dryer.

Tips Mengakali Rambut Kering: Rusak

Mengeringkan rambut dengan hair dryer, meminimalisir untuk terjadinya rambut frizzy. Rambut jadi frizzy dan susah diatur itu karena kutikula rambut terbuka dan udara masuk kebatang. Hasilnya rambut jadi terlihat mengembang dan kering. Sedangkan kalau kita keringkan rambut dengan hair dryer, secara nggak langsung kita seperti menutup kutikula rambut.

Kamu nggak perlu takut mengeringkan rambut setiap hari akan bikin rambut kamu rusak. Yang penting kamu sudah menggunakan hair oil dan heat protectant sebelumnya. Nah, semoga tips ini ngebantu kalian yang lagi punya rambut rusak seperti saya. Selamat mencoba :).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment