banner-detik

face scrubs exfoliators

Fungsi Sel Kulit Mati yang Kamu Wajib Tahu

seo-img-article

Sel kulit mati yang menumpuk memang bisa bikin kulit terlihat kusam dan nggak rata, tapi tahu nggak kalau sel kulit mati juga berandil besar dalam melindungi kulit?

Masih ingat soal pentingnya menjaga lapisan kulit terluar atau skin barrier? Selain melakukan tugas utamanya yaitu menahan air di kulit supaya nggak dehidrasi, skin barrier juga terdiri dari berbagai lapisan sel yang melindungi kulit dari environmental stress seperti udara panas, sinar UV, asap, debu, bakteri, dan sebagainya (sumber). Nah, sel kulit mati yang menjaga itu semua disebut dengan nama corneocytes, yang akan lepas dengan sendirinya dari kulit dalam waktu kurang lebih 30 hari.

Dulu, saya selalu beranggapan bahwa sel kulit mati adalah “sampah” yang harus cepat-cepat dibersihkan dari kulit supaya sel kulit baru yang sehat bisa regenerasi dengan sempurna. Karena itu, saya berpikir bahwa kita harus rajin-rajin eksfoliasi supaya sel kulit matinya nggak terlanjur menumpuk. Perhatikan kata “rajin eksfoliasi”, karena di situlah letak salahnya. Kuncinya ada pada seberapa efektif eksfoliasi yang kita lakukan, bukan seberapa sering.

Baca juga: Sel Kulit Mati, Penyebab Jerawat sampai Penuaan Dini

Wish-Formula-c200-peeling-pad-3Kalau tiap sebentar kita memaksa kulit untuk meregenerasi sel kulit baru, nggak cuma skin barrier aja yang bisa terganggu kerjanya, tetapi juga sel kulit baru yang muncul sebelum waktunya. Bear in mind bahwa peran sel kulit mati adalah membangun protective shield untuk melindungi sel kulit baru yang pastinya jauh lebih sensitif bila terkena sinar matahari.

Setiap habis chemical peeling pasti ada larangan untuk kena sinar matahari langsung selama beberapa hari, kan? Ini karena baby skin yang muncul tersebut sangat rentan akan sunburn dan environmental stress lainnya, jadi kalau kita selalu mengikis sel kulit mati, sel kulit baru pun akan langsung “kehilangan” penjaganya dan langsung terekspos pada hal-hal yang bisa memicu reaksi negatif.

Semua orang punya kondisi kulit yang berbeda-beda, jadi kebutuhan untuk eksfoliasi pun pastinya berbeda-beda. Ada yang bisa seminggu tiga kali, seminggu sekali, atau memilih facial bulanan di beauty clinic. Kalau kamu baru mau memulai eksfoliasi menggunakan AHA / BHA toner yang ada di pasaran, saran saya coba dulu dua kali seminggu. Perhatikan reaksi kulit akan tanda-tanda over-exfoliate dan pastikan skin barrier kamu masih aman.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment