banner-detik

foundation

FD Poll: Foundation untuk Kulit Berjerawat Terbaik?

seo-img-article

Foundation untuk kulit berjerawat mana yang jadi andalan kamu? Pilihan foundation ini jadi jagoan saya dan pembaca FD.

Punya kulit sensitif dan clogging/ acne prone bikin saya selektif memilih produk apa pun yang bakal nempel di wajah. Rajin baca ingredients list skincare udah pasti, dan rule ini juga berlaku untuk makeup  dong, terutama face/ base makeup.

Berkat googling dan rajin baca ingredients list pula, saya bisa ketemu dengan tiga foundation yang saat ini bergilir saya pakai. Seneng pake banget, karena for the longest time, saya cuma bisa pakai Estee Lauder Double Wear. Tapi sekarang, saya punya lebih banyak pilihan foundation untuk kulit berjerawat yang cocok di saya, meaning semuanya bebas mineral oil, bebas parfum, dan memiliki kandungan SPF rendah atau nggak ada sama sekali. Dan, coverage-nya juga cenderung full, jadi bisa menutup jerawat dengan baik.

Baca juga: Alasan Sunscreen Bikin Jerawatan

Apa aja tuh kak, foundation-nya? Berikut tiga foundation untuk kulit berjerawat andalan saya, plus satu foundation yang jadi favorit reviewers di FD Beauty Review. One note, semua foundation ini memiliki finish matte.

foundation-bagus-jerawat-merek-1

Estee Lauder Double Wear Stay-In-Place-Makeup SPF 10/PA++ (Rp550.000;)

Foundation pertama yang nggak bikin saya jerawatan. Masih jadi foundation terlaris Estee Lauder, dan bahkan waktu belanja makeup di Bangkok, counter Estee di sana punya banner yang bertuliskan Double Wear ini adalah foundation no. 1 di sana, and as a fan, I can see why.

Tekstur foundation ini creamy tapi runny, dan walaupun dia matte, tapi nggak berkesan dead matte. Hmm…setelah dipikir-pikir, malah menurut saya lebih cenderung demi-matte. Pilihan shade yang banyak jadi kelebihan foundation ini, walau sayang semua counter Estee Lauder Indonesia cuma nyetok shade Tawny dan Rattan. Lucky me keduanya masuk di kulit saya hehehe…

Memang coverage Estee Lauder Double Wear ini full, namun nggak se-full foundation berikut di list saya.

NARS All Day Luminous Weightless Foundation (Rp765.000;)

Kayaknya ini adalah liquid foundation dengan coverage paling full yang pernah saya coba. Menurut saya, bagi yang punya banyak bekas jerawat dan PIH, satu layer NARS ALL Day ini udah bisa bikin kamu flawless!

Teksturnya super cair, namun sangat irit dipakai karena coverage-nya tadi. Dia set matte dengan cukup cepat di kulit, seperti Estee Lauder, so you have to work fast with it. Karena cair, saya nggak rekomen aplikasi dengan spons makeup. Saya aja pakai jari (as always), baru pakai spons sebagai sentuhan akhir aja.

NARS memang belum masuk Indonesia, tapi kamu bisa dapetin foundation ini dengan mudah di online shop seperti belanjamimo.com. Lumayan mahal memang, tapi worth it kok dengan hasilnya.

foundation-bagus-jerawat-merek-2

L’Oreal Mat Magique Bright Mat Foundation SPF 11/PA++ (Rp169.000,-)

Sebelum saya dilemparin sendal karena so far semua pilihan foundationnya high end, let’s take a look at this one! Entah kenapa packaging bright pink Mat Magique ini seakan memanggil saya di Guardian beberapa bulan lalu. Pas saya baca-baca ingredients list-nya…Emejing! Keliatannya bakal cocok di kulit saya nih. Dan, ternyata memang bener, foundation ini pun nggak bikin jerawatan di saya.

Berbeda dari dua foundation sebelumnya, produk L’Oreal ini nggak runny, namun tetap teksturnya “tipis”. Coverage-nya sedikit di bawah Estee Lauder Double Wear, tapi tetap masuk kategori medium-full. Dari semua foundation andalan saya, L’Oreal Mat Magique ini jujur paling jarang saya sentuh. Entah kenapa saat diratakan di wajah, terasa sedikit dragging, yang tentunya bikin kurang nyaman. Padahal ingredients-nya masih mengandung silikon, yang biasanya digunakan agar produk liquid bisa meluncur sempurna di kulit. Anyway, this is still a very good foundation for acne prone skin.

Maybelline Fit Me! Matte+Poreless Foundation SPF 18 (Rp145.000,-)

Yang ini, bukan andalan saya, tapi jadi jagoan banyak acne-prone sisters di Female Daily Beauty Review. Yup, tak lain dan tak bukan Maybelline Fit Me! Matte+Poreless Foundation, yang menang kategori Best Foundation di FD Best of Beauty Awards 2017 lalu.

Bisik-bisik tetangga sih, katanya foundation ini nggak cuma acne prone friendly, tapi juga ringan, transferproof, dan tahan lama. Dari tim FD sendiri, Business Development Associate, Imani, juga setuju dan suka banget sama foundation ini. Bahkan menurut Imani, foundation matte ini tetap enak dipakai di jenis kulit dia yang kering.

Kenapa saya nggak pakai Maybelline Fit Me! ini? Karena semua foundation Maybelline, bahkan concealer juga, suka bikin gatal-gatal ringan di kulit saya 🙁

Walau kulit saya sekarang sudah lumayan bebas dari jerawat dan bekas-bekasnya, saya memang cenderung memilih foundation full coverage. Kalau pingin foundation ringan, biasanya sih saya cuma ngandalin concealer dan loose powder. Ada nggak di antara kamu yang punya foundation untuk kulit berjerawat andalan yang coverage-nya light-medium? Atau, finish-nya nggak matte?

Let me know di poll berikut ya! Apa sih, foundation untuk kulit berjerawat andalan kamu? Kalau kamu punya jawaban lain, silakan tulis di kolom komen agar yang lain bisa tau juga ya 😀

Foundation untuk kulit berjerawat mana yang jadi andalan kamu?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment