banner-detik

skin care

Skincare untuk Ibu Hamil, Apa yang Harus Dihindari?

affi

affi/ 0

seo-img-article

“Kak kasih rekomendasi skincare untuk ibu hamil dong” Sering sekali saya mendapat pertanyaan semacam itu di YouTube dan Instagram.

Nggak heran sih. Sebagai ibu hamil, apalagi first-time expecting moms, pasti salah satu kekhawatirannya adalah menghindari hal-hal yang bisa berbahaya bagi janin di kandungan, termasuk produk skincare yang digunakan. Apalagi kalau banyak baca artikel-artikel di internet yang kadang bikin tambah parno.

Nah saat ketemu dan ngobrol-ngobrol bareng Aesthetic Expert dr. Kevin Maharis, saya sekalian menanyakan soal do’s and don’ts skincare untuk ibu hamil. Hopefully his answers will put all your worries to rest and you can enjoy your pregnancy 🙂 IMG_4714

Retinol dan Retinoic Acid

“Kandungan yang nggak boleh itu sebenernya adalah kandungan derivative Vitamin A seperti retinoic acid, retinol, tretinoin, adapalene, itu semua nggak boleh digunakan. Sebenernya sih absorpsi ke darah dan janin itu sangat kecil sekali dari topical application tapi sebaiknya dihindari.” jelas dr. Kevin.

Chemical Peel using AHA/BHA

Berhubung saya baru aja bikin video tentang eksfoliasi dan banyak mendapatkan pertanyaan dari para bumil, saya juga cari tau ke dr. Kevin, bolehkah ibu hamil melakukan chemical exfoliation?

“Kalau BHA relatif aman, AHA boleh digunakan.” tandas dr. Kevin. Kok BHA relatif aman? Bukannya ada yang bilang bahwa salicylic acid sebaiknya dihindari oleh ibu hamil?

“Yup, saya bilang BHA relatif aman karena kandungan ini memang agak kontroversial. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa BHA benar-benar aman digunakan ibu hamil tapi sebenarnya BHA itu ada di almost all acne products yang over the counter dan kalau sudah tersedia di counter sebenernya most likely tidak berbahaya untuk ibu hamil, karena kan pasti melewati approval FDA (Food & Drugs Administration atau Badan POM kalau di IndonesiaEd). Makanya saya bilang relatif aman tapi saya tidak bisa bilang 100% aman karena belum ada studinya yang mengatakan demikian. Kalo AHA ada studinya dan memang no problem digunakan oleh ibu hamil.”

Vitamin C

Vitamin C dan antioksidan lainnya boleh digunakan.”

Obat Jerawat

Biasanya karena perubahan hormon, banyak ibu hamil yang justru kulitnya bermasalah, seperti muncul jerawat. Apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan untuk mengatasi jerawat?

“Boleh melakukan chemical peel dengan AHA seperti glycolic peel. Kalau untuk perawatan di rumah, biasanya untuk ibu hamil saya hanya berikan serum Vitamin C dan produk yang mengandung AHA atau BHA. Obat jerawat boleh digunakan tapi yang mengandung benzoyl peroxide sebaiknya jangan dipakai dulu ya, karena belum ada studinya.”

Slow Down

Please wait a moment to post another comment