Merawat Punggung Kaki Gelap

Sering panas-panasan bisa jadi salah satu penyebab punggung kaki gelap. Tapi, ada penyebab lainnya juga lho. 

Buat kamu yang hobi sekali berpergian menggunakan flat shoes pasti nggak asing sama punggung kaki gelap ini. Beberapa dari kamu mungkin sudah antisipasi dengan menggunakan kaus kaki, tapi untuk yang nggak tahan karena gerah? Mungkin kaus kaki bukan menjadi jawabannya. Timbul belang pada kulit kaki dapat membuat kaki kamu jadi terkesan nggak terawat. Tapi apa penyebab perubahan warna kaki hanya karena sinar matahari?

19

Memang sih sinar matahari adalah penyebab utama, tapi apakah kamu yakin kalau kulit kakimu sudah bersih dari sel kulit mati? Bisa jadi malah ini lho penyebabnya. Seringnya beraktifitas di luar ruangan dan membiarkan kaki kamu terbuka artinya juga membiarkan radiasi, debu, dan kotoran menempel di kulit kaki. Sama seperti wajah dan kulit lainnya, punggung kaki kamu juga butuh perhatian lebih, jadi nggak cukup kalau dibersihkan dengan mandi saja.

Rajin untuk scrubbing punggung kakimu menjadi cara pertama agar punggung kakimu tetap terawat. Karena kulit kaki cenderung lebih tebal maka lakukanlah setelah mandi, ketika kulit kaki dalam keadaan lembap dan bersih. Scrub kaki kamu agar sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel terangkat dengan sempurna.

Untuk perawatan sehari-hari, kamu juga dapat menyikat punggung kakimu dengan sikat khusus setiap habis mandi agar kebersihan kulit kamu kamu terjaga setiap harinya. Kalau kamu malas, kamu bisa pergi ke salon dan melakukan perawatan foot spa supaya bisa lebih detail dan bersih deh!

Menggunakan lotion ber-SPF juga penting. Hayoo… siapa yang kalau menggunakan body lotion pakainya nggak sampai ujung kaki? Menggunakan sunscreen sekalian pada punggung kaki kamu juga disarankan agar tidak timbul kulit yang belang. Coba cek sunscreen favorit FD members yang bisa kamu coba.

After all, kalau kamu mau agar kaki kamu lebih terlindungi memang harusnya menggunakan sepatu yang tertutup. Disarankan pula untuk menggunakan cream yang mengandung bahan aktif seperti azaleic acid, kojic acid, dan niacinamide sebagai perawatan untuk punggung kaki di malam hari. Atau kalau kamu merasa kulitmu sudah terlalu kusam, kamu bisa melakukan peeling untuk punggung kakimu.

Selamat mencoba!