Manfaat Air Mawar untuk Rambut

Kalau selama ini kamu cuma tahu kegunaan air mawar untuk kulit, ternyata manfaatnya banyak banget bahkan untuk rambut. Cari tau yuk manfaat air mawar untuk rambut!

Kalian pasti sudah sering banget mencium perfume, lotion, atau bahkan skincare yang beraroma rose atau bunga mawar. Selain aromanya yang segar, bunga yang satu ini memang banyak banget manfaatnya, karena bunga mawar mengandung antiseptik dan anti bakteri sehingga bagus banget untuk kulit. Biasanya orang-orang senang menggunakan air mawar karena cocok untuk segala jenis kulit. Nah, kalau untuk rambut?

Air mawar ternyata dapat mengatasi frizzy hair, rambut kering, sampai rambut rusak, lho. Menurut theindianspot.com, menggunakan air mawar as a final rinse setelah keramas dapat membantu masalah kerontokan rambut dan juga meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Setelah diteliti, ternyata air mawar dapat menutrisi akar rambut, sehingga rambut kamu bisa jadi lebih kuat dan sehat.

manfaat-air-mawar-untuk-rambut

Sebelum kamu ide untuk langsung membeli bunga mawar, sebentar, tahan dulu. Pastikan kamu memilih bunga mawar yang bebas pestisida, biasanya bisa langsung tanya sama florist-nya saja. Tapi kalau kamu masih ragu juga, begitu sampai rumah, bunga mawar yang sudah kamu beli bisa kamu cuci terlebih dahulu dengan air dingin. Selain untuk memisahkannya dengan pestisida, mencuci terlebih dahulu juga bisa membersihkan bunga dari debu atau bahkan serangga yang terdapat pada bunga tersebut.

Kalau sudah bersih, kamu bisa langsung membuat DIY Rose Water deh. Pertama, pisahkan kelopak-kelopak bunga dari tangkainya dan tempatkan pada satu wadah. Kedua, panaskan air, kemudian siramkan pada kelopak-kelopak mawar tersebut dan diamkan selama 30 menit. Ketiga, pisahkan air dengan kelopak bunga ke dalam wadah lain. Kamu bisa menggunakan saringan agar keduanya dapat dipisahkan dengan mudah. Nah, kalau sudah jadi kamu bisa langsung menggunakannya pada rambut kamu nih.

Untuk rambut agar mudah diatur, jangan lupa tambahkan aloe vera saat menggunakannya dan pijat sekitar sepuluh sampai 15 menit supaya menyerap ke dalam kulit kepala kamu dengan baik.

Ini bisa jadi salah satu solusi termurah untuk mengatasi masalah rambut. Silakan dicoba!