banner-detik

beautiful people

Kutipan Bermakna dari 4 Makeup Artist Kelas Dunia

seo-img-article

Siapa sangka kalau membaca artikel interview dengan makeup artist kelas dunia ternyata lebih menginspirasi dibanding nonton acara motivator di TV?

Kadang, kalau melihat nama-nama ini muncul di Instagram feed atau artikel online, saya suka mengkhayal, gimana ya rasanya jadi world-class, influential makeup artist? Punya klien selebriti papan atas, bekerja dengan designer terkenal, menciptakan tren baru, dan dijadikan referensi oleh jutaan makeup artist dari seluruh dunia. Semua orang mengacu pada apa yang mereka lakukan dan berusaha mengorek tips-tips terbaik, langsung dari mulut mereka. They are the game changers, industry players, and trendsetters!

Pastinya ada banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dari para makeup artist ini, nggak terbatas hanya tips makeup saja. Meskipun saya juga ingin tahu semua tips makeup dari para makeup artist ini, tapi saya lebih tertarik dengan perspektif mereka terhadap dunia kecantikan. Bertahun-tahun meniti karier di beauty industry, tentu ada mindset yang terbentuk di kepala mereka. Entah itu pandangan mereka terhadap suatu isu atau sekedar opini terhadap tren terkini. I found these quotes very inspiring and I hope you do too.

pat mcgrath progfile-side

1. Charlotte Tilbury

Makeup is hugely empowering. It has the incredible power to transform and boost every woman’s confidence. Makeup isn’t a mask—it enhances the very best version of you! It’s not giving you something that isn’t naturally there, it’s just highlighting what you already have. If you look good, you feel good.” – Charlotte Tilbury to allure.com.

ct backstageSumber: theformulablog.com

Mungkin beberapa orang ada di barisan Alicia Keys dengan gerakan #NoMakeUp-nya (yang juga menginspirasi, btw), tapi saya yakin kata-kata Charlotte Tilbury di atas pasti kena banget buat para beauty enthusiast kalau sudah lelah mendengar komentar seperti pakai makeup itu fake, membohongi diri sendiri, dan sebagainya. Saya juga suka banget dengan konsep “not giving you something that isn’t naturally there” karena buat saya pribadi, ketika tujuan kita memakai makeup adalah supaya terlihat bukan seperti diri sendiri, that’s when it stops being fun.

2. François Nars

I don’t really think about ugly and beauty. I’m looking for interesting people. There are a lot of ugly things in the world. Wars are ugly; people dying violently, that’s ugly. In people, I don’t see ugliness. There’s always something beautiful in a face. A good makeup artist finds what’s beautiful in somebody’s face. Ugly is not in my vocabulary.” -François Nars to nymag.com.

francois nars backstage

Kutipan di atas mungkin adalah salah satu kalimat paling powerful yang pernah saya baca. Beauty is a blurred concept, just like art, because not everyone has the same taste. Pemikiran seperti François Nars inilah yang menurut saya membuat industri kecantikan menjadi semakin berwarna, karena berangkat dari mindset seperti ini, perempuan dengan gap tooth bisa menjadi supermodel. Tubuh plus-size bisa berjalan di New York Fashion Week. Kulit seperti Lupita Nyong’o nggak lagi dilihat sebagai kekurangan. Dan semoga, suatu hari nanti, selebriti Indonesia berhenti menerima endorse dari krim pemutih kulit abal-abal.

François Nars taught us to see all kinds of beauty in the world. Try to see things through his perspective and I believe we’ll see more beauty in ourselves, too.

3. Pat McGrath

“I felt uncomfortable doing something that everyone’s already done.” – Pat McGrath to glamour.com.

pat mcgrathSumber: backstagetales.com

Mulai dari mana ya, kalau ngomongin Pat McGrath? Dinobatkan sebagai “The Most Influential Makeup Artist In The World” oleh Anna Wintour, kemudian dijadikan Member of the Order of Britsh Empire oleh Ratu Elizabeth II atas kontribusinya di industri fashion dan kecantikan. Portofolio Pat McGrath dihiasi brand-brand sekelas Giorgio Armani, Prada, Balenciaga, Givenchy, dan lainnya. Bahkan saat fashion week, konon Pat bisa menjadi head makeup artist di 80 fashion show sekaligus! As if it’s not enough, Pat juga merupakan Global Beauty Creative Design Director di Procter & Gamble, membawahi brand Covergirl, Max Factor, Dolce & Gabbana dan Gucci Beauty. I could go on and on about her achievements, but that’s not all.

lust 004Pat McGrath Labs – Lust 004

Pat McGrath Labs, label kosmetik milik Pat McGrath, baru saja mengeluarkan produk lip kit terbarunya, Lust 004 yang terdiri dari dua matte lipstick, satu lip gloss transparan, dan dua glitter merah dan emas. Everyone went crazy over it and the kit was sold out within six minutes.

Kalau Pat McGrath hanya mengeluarkan liquid lipstick berwarna vampy atau mengikuti tren highlighter palette, mungkin produknya hanya menjadi just another new release yang hype selama beberapa waktu, lalu hilang tertiup angin. Yang membuat Lust 004 meledak di pasaran nggak hanya nama Pat McGrath di baliknya atau kualitas produk yang memang next level, tetapi juga inspirasi bahwa semua orang bisa menggunakan editorial makeup! Mungkin memang bukan untuk sehari-hari ya, tetapi message bahwa kita wajib bereksperimen every once in a while itu tersampaikan lewat produk-produk dari Pat McGrath Labs. Kuncinya tentu ada pada kreativitas, karena konon katanya, Pat bisa membuat 30 warna lipstik berbeda hanya dari mix and match warna-warna yang sudah ada.

It’s always more than meets the eye, and Pat McGrath is the living example of that one advice we hear so often: never be boring.

4. Lisa Eldridge

“All styles are good in my book as long as they are done beautifully.” – Lisa Eldridge to thezoereport.com.

lisa eldridge backstage

Kalimat Lisa mengingatkan saya akan kata-kata Gyanda di artikel “Tips Merintis Karier Sebagai Makeup Artist Otodidak”. Bagaimana makeup artist harus open untuk segala tren, mencoba segala hal, dan membuat konsep sendiri tentang pengaplikasian tren tersebut. Saya sudah ngefans dengan Lisa sejak lama, terutama karena alasan yang random yaitu gerakan tangannya saat sedang mengaplikasikan makeup. It looks like her hands are dancing! Apalagi hasil makeup Lisa yang selalu soft, flawless, dan benar-benar definisi nyata dari effortless makeup.

Masih ingat dengan video Lisa yang membandingkan makeup Korea dan ala Barat? Sejak menonton video tersebut saya jadi semakin kagum dengan Lisa dan keinginannya untuk terus membuka diri terhadap tren, se-random apapun tren itu (hello, kantong mata imut-imut ala Korea?). Ini yang juga menurut saya membuat video-video Youtube Lisa tetap bisa menjangkau younger audience, karena kontennya yang selalu up to date tapi tetap di-twist sesuai gaya Lisa. Untuk bisa aktif sebagai celebrity makeup artist, menjadi Creative Director untuk Lancôme, menulis buku New York Times best-seller “Face Paint: The History of Makeup”, sembari menjalankan Youtube channel dengan hampir dua juta subscribers, I must say that Lisa Eldridge is a genius.

So, dari empat makeup artist di atas, mana yang jadi role model kamu? Kutipan mana yang paling kamu suka? Please share in the comments below! 🙂 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment